Image Widget

Image Widget

Belajar Geografi SMA

Menyajikan berbagai materi dan perangkat pembelajaran Geografi serta pembahasan latihan soal UN dan Olimpiade. Kami juga melayani pembelian peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:25,000 dan pembuatan peta digital untuk mahasiswa S1, S2, instansi maupun umum. Terima kasih (Belajargeografisma@gmail.co.id)

SOP EKSTRAKURIKULER

Friday, 18 November 2016

PEDOMAN PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO
TAHUN AJARAN 2015/2016









PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO
DINAS PENDIDIKAN











SMA KRISTEN KALAM KUDUS SUKOHARJO
Jl. Diponegoro,  Perumahan Solo Baru  Sukoharjo 57552, Jawa Tengah
Telp. (0271) 621605
2015/2016


BAB I
PENDAHULUAN

A. LANDASAN
1.      Undang –undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional :
1)      Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembang nya potensi murid,
2)      Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan di selenggarakan dengan memberi keteladanan.
3)      Pasal 12 ayat (1b) menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendididkan yang sesuai dengan bakatnya, minat, dan kemampuan
2.      Visi dan misi SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo
1)      V i s i
Terbangunnya Manusia Utuh Yang Takut Akan Tuhan, Mandiri dan Berguna Bagi Dunia. (Efesus 2:19-20, 1 Korintus 9:19, dan Amsal 1:7).
2)      Misi
a)      Mengajak peserta didik untuk memiliki hati yang takut akan Tuhan
b)      Membimbing peserta didik supaya mengasihi sesama manusia dan menghargai lingkungan alam siptaan Tuhan
c)      Membina peserta didik bertumbuh menjadi manusia yang sehat mental, berbudi pekerti luhur dan bertanggungjawab sesuai nilai kebenaran
d)     Memberikan pengetahuan yang berkualitas kepada peserta didik sesuai tuntutan perkembangan jaman
e)      Melengkapi peserta didik dengan ketrampilan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan potensi untuk mengembangkan dirinya
f)       Memberdayakan semua yang berkepentingan (stageholder) untuk menjadi insan pendidikan.

B. STRUKTUR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk menbantu pengembangan murid sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat meraka melalui kegiatan yang secarak husus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan disekolah.
1. Visi dan Misi ekstrakurikuler
a. Visi
Visi kegiatan ekstrakurikuler adalah terbangunnya manusia utuh yang takut akan Tuhan, mandiri dan berguna bagi dunia melalui pengembangan potensi, bakat, dan minat secara optimal.
b. Misi
a)      Memfasilitasi sejumlah kegiatan yang dapat di pilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
b)      Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengeksprsikan diri secara bebas dan bertanggung  jawab melalui kegiatan mandiri atau kelompok.
c)      Berorientasi pada prestasi di tingkat nasional dan internasional dengan mengedepankan takut akan Tuhan.

C. TUJUAN
1. Tujuan umum
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian murid yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar dan mengembangkan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan talenta peserta didik. Adapun tujuan pelaksanaan ektrakurikuler disekolah menurut direktorat pendidikan menengah kejuruan adalah :
1)      Kegiatan ektrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan siswa
beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
2)      Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi
menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
3)      Dapat mengetahui mengenal serta membedakan antara hubungan satu
pelajaran dengan mata pelajaran lainya.
2. Tujuan khusus
Pengembangan diri yang berlandaskan ahlakul karimah dengan bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan :
1)      Bakat
2)      Minat
3)      Kreatifitas
4)      Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan
5)      Kecakapan sosial
6)      Kecerdasan emosional
7)      Kompetensi ilmiah
8)      Wawasan dan pengembangan teknologi informasi ( IT )
9)      Kemampuan pemecahan masalah
10)  Kemandirian



D. FUNGSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
1.      Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas murid sesuai denganpotensi bakat dan minat mereka
2.      Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemapuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik
3.      Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan, danmenyenagkan bagi murid yang menunjang proses perkembangan
4.      Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan eksrakurikuler untuk mengenbangkan kesiapan karir murid.

E. PRINSIP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
1.      Indvidual, yaitu prinsip kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan potrensi, bakat dan minat siswa masing-masing.
2.      Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan keinginan dan di ikuti murid dengan sukarela.
3.      Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang menuntut ke ikut sertaan murid secara penuh
4.      Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler dalam suasana yang di sukai dan menggembirakan murid.
5.      Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang membangunsemangat murid untuk berlatih dan beraktivitas secara optimal.
6.      Kemanfaatan sosial yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
7.      Wajib, yaitu prinsip kegiatan ekstrakurikuler harus di ikuti oleh seluruh peserta didik.














BAB II
PROGRAM KEGIATAN

A.    RUANG LINGKUP
Ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler adalah berupa kegiatan kegiatan yang menunjang dan dapat mendukung program intrakurikuler yaitu mengembangkan pengetahuan dan kemempuan penalaran siswa,  ketrampilan melalui hobi dan minatnya serta mengembangkan sikap yang ada pada program intrakurikuler dan program kokurikuler.

B.     JENIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
1.         Sepak bola
2.         Bola basket
3.         Bulu tangkis
4.         Band
5.         Privat Keyboard, gitar, bass, drum
6.         Internet
7.         Desain grafis
8.         Toefl preparation
9.         Tenis meja
10.     Bola voli
11.     Fotografi
12.     Menulis kreatif
13.     Theater
14.     Paduan suara
15.     Tehnik vocal
16.     Jimbe
17.     Dance
18.     Pramuka

C. BENTUK KEGIATAN
1.      Individual yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti peserta didik secara perorangan
2.      Klasikal yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti oleh kelompok-kelompok murid.
3.      Kegiatan di lapangan, yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti seorang atau sejumlah murid melalui kegiatan di luar kelas atau kegiatan lapangan.
4.      Pilihan Guru, yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti oleh sekolompok siswa yang merupakan hasil pilihan dari guru bidang studi tertentu.

D. BENTUK-BENTUK PELAKSANAAN
    Kegiatan pengembangan diri yang di selenggarakan oleh sekolah dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan murid secara individual, kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X adalah PRAMUKA, sedang  ekstrakurikuler yang menjadi pilihan bagi peserta didik kelas X adalah :
1.      Sepak bola
2.         Bola basket
3.         Bulu tangkis
4.         Band
5.         Privat Keyboard, gitar, bass, drum
6.         Internet
7.         Desain grafis
8.         Toefl preparation
9.         Tenis meja
10.     Bola voli
11.     Fotografi
12.     Menulis kreatif
13.     Theater
14.     Paduan suara
15.     Tehnik vocal
16.     Jimbe
17.     Dance














BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    KETENTUAN EKSTRAKURIKULER
Jenis kegiatan ekstra ditentukan oleh sekolah dan disesuaikan dengan kebutuhan atau hasil usulan dari guru atau siswa.
1)      Dilaksanakan setelah atau sesudah jam pelajaran (KBM) berlangsung.
2)      Setiap kegiatan ekstrakurikuler harus mendapat persetujuan pimpinan sekolah.
3)      Kegiatan ekstrakurikuler diliburkan satu minggu menjelang ulangan tengah semestar, ulangan akhir semester, dan ujian.
4)      Kegiatan ekstrakurikuler wajib di dampingi oleh pembina/pelatih.

B.     PROSEDUR KERJA
JENIS KEGIATAN
TUJUAN
PELAKSANAAN
Penyusunan Program
Kepala sekolah dan PKS Kesiswaan menyusun program ekstrakulikuler yang didalamnya terdapat jenis-jenis ekstrakulikuler yang ditawarkan, Pembina ekstrakulikuler, Jadwal ekstrakulikuler, dan program pengadaan sarana dan prasarana ekstrakulikuler seluruh jenis ekstrakulikuler
Sebelum awal tahun pelajaran
Pengumuman Jenis ektrakulikuler
Penawaran jenis ekstrakulikuler kepada seluruh siswa sesuai dengan ketentuan (maksimal mengikuti 2 jenis ekstrakulikuler) dan 1 jenis ekstrakulikuler wajib bagi siswa kelas X
Awal tahun pelajaran.
Penandatanganan surat pernyataan
Komitmen siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang di pilih dengan persetujuan orang tua/ wali siswa.
Awal tahunpelajaran.
Penyusunan Absen
Ekstrakulikuler pendataan dan pengecekan absensi siswa.
Awal tahun pelajaran.
Penyusunan Program
Pembina menyusun program kegiatan ekstrakulikuler masing-masing sebagai panduan dalam melaksanakan ekstrakulikuler awal.
Awal tahun pelajaran.
Pelaksanaan ekstrakulikuler
Siswa melaksanakan ekstrakulikuler sesuai dengan jadwal dan didampingi oleh pembina/pelatihnya masing-masing.
Tahun pelajaran.
(Diluar KBM)
Kegiatan Keluar
Sekolah Aplikasi hasil pembinaan ekstrakulikuler disekolah dan sebagai sarana promosi sekolah.
Tahun pelajaran.
(Diluar KBM)
Pengawasan dan Evaluasi
Menilai keberhasilan ekstrakulikuler terhadap program yang diajukan sebagai bahan pembanding di tahun berikutnya
Akhir Tahun Ajaran

C.    PERENCANAAN KEGIATAN
Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler mengacu pada jenis-jenis kegiatan yang memuat unsur unsur :
1.      sasaran kegiatan
2.      substansi kegiatan
3.      pelaksanaan kegiatan dan pihak pihak terkait, serta keorganisasiannya
4.      waktu dan tempat
5.      Sarana



D.    PELAKSANAAN KEGIATAN
1.      Kegiatan ekstrakurikuler di laksanakan oleh pembina dan pelatih.
2.      Rekrutman pelatih ekstrakurikuler yang mengacu pada peraturan ke pegawaian SMA Kristen Kalam Kudus.
3.      Kegiatan ekstrakurikuler di laksanakan di luar jam KMB selama 60-120 menit.
4.      Kegiatan ekstrakurikuler di laksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat dan pelaksanaan sebagai mana yang telah di rencanakan.

E.     PENILAIAN KEGIATAN
Hasil dan proses kegiatan ekstrakurikuler di nilai secara kualititatif dan di laporkan kepada kepala sekolah dan bidang kependidikan SMA Kristen Kalam Kudus melalui koordinator ekstrakurikuler.

F.     PENDANAAN
Sumber dana kegiatan ekskul : APBS

G.    PENGAWASAN KEGIATAN
1.      Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler di lakukan secara :
1)      Internal, oleh Koordinator Ekstrakurikuler dan wajib melaporkan kepada Kepala Sekolah.
2)      Eksternal, oleh pihak yang secara structural / fungsional memiliki kewenangan membina kegiatan ekstrakurikuler yang di maksud.
2.      Hasil pengawasan di dokumentasikan, di analisis dan di tindaklanjuti untuk peningkatan mutu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.














BAB IV
PENUTUP

Demikian uraian singkat tentang pedoman kegiatan ekstrakurikuler SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Di harapkan dengan pedoman ini SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo menpunyai acuan standar dan target yang jelas serta terstruktur dalam pembinaan kegiatan ekstrakurikuler. Pedoman ini hanya membuat hal - hal pokok dan standar minimal sehingga sangat mungkin untuk dikembangkan dan di uraikan lebih jelas dalam inplementsinya di sekolah. Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran dalam rangka penyempurnaan penyusunan pedoman kegiatan ekstrakurikuler ini sangat di perlukan.



Sukoharjo, 30 Juli 2014
Koordinator Ekstrakurikuler,


Kristanto, S.Pd.




8 komentar:

Mohammad Aripin said...

ijin mengopi dan terimasih ilmunya semoga bermanfaat

Unknown said...

Ijin mengcopy.Semoga bermanfaat

Unknown said...

ijin mengopy

Misbahul Munir said...

Izin mengcopy terimakasih ilmunya,smoga bermanfaat

Letty Nursintawati said...

ijin mengopy ya ... insyaallah bermanfaat

Anonymous said...

sangat bermanfaat. izin kopinya.

profilstit said...

ijin mengcopy pak...sangat bermanfaat

Anonymous said...

Respect and I have a tremendous provide: House Renovation Canada entire home renovations

Post a Comment