Image Widget

Image Widget

Belajar Geografi SMA

Menyajikan berbagai materi dan perangkat pembelajaran Geografi serta pembahasan latihan soal UN dan Olimpiade. Kami juga melayani pembelian peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:25,000 dan pembuatan peta digital untuk mahasiswa S1, S2, instansi maupun umum. Terima kasih (Belajargeografisma@gmail.co.id)

RPP GEOGRAFI LENGKAP

Friday, 18 November 2016

BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menguraikan konsep geografi
-     Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar
-          Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-          Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kreatif, Religius, Disiplin, Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian dan ruang lingkup geografi
-          Perkembangan ilmu geografi
-          Objek formal dan objek material geografi
-          Konsep esensial geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Menguraikan konsep geografi
·        Siswa dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.



E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. (nilai yang ditanamkan: Komunikatif, Disiplin, saling menghargai.);
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran. (nilai yang ditanamkan: Kreatif );
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari buku atau Internet. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan pandangan tokoh. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan penerapannya dalam kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
A.     Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
B.     Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-          Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.



Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                Sukoharjo, 12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus             Guru Geografi



Wiwoho, M.Pd.                                                         Kristanto, S.Pd.                                                                                            


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi    : -    Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
                                                             -    Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
-          Menjelaskan objek studi geografi
-          Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B.     Materi Pembelajaran
-          Ruang lingkup geografi
-          Objek studi geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Membedakan objek formal dan objek material dalam studi geografi.
·        Siswa dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
C.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
D.     Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

 

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                Sukoharjo, 12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus             Guru Geografi



Wiwoho, M.Pd.                                                         Kristanto, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menjelaskan metode/pendekatan geografi
-                  Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B.     Materi Pembelajaran
-          Pendekatan kajian geografi
1.      Pendekatan keruangan (spatial approach)
2.      Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3.      Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet




Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Mengamati gambar dan menganalisis fenomena geosfer melalui pendekatan geografi
·        Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan!
·        Siswa dapat Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari berbagai referensi

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar (hal 8). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan, dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan (Analitika hal 9). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan analisis. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
E.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.      Bersama-sama menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!

Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Sikap terhadap materi pembahasan




Alasan atas sikap terhadap materi pembahasan




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                Sukoharjo, 12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus             Guru Geografi



Wiwoho, M.Pd.                                                         Kristanto, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menjelaskan Prinsip-prinsip Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
-       Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
-       Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
-          Mengidentifikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B.     Materi Pembelajaran
-          Prinsip-Prinsip Geografi
1.      Prinsip persebaran
2.      Prinsip timbal balik
3.      Prinsip korologi
4.      Prinsip penggambaran

C.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar/foto fenomena geosfer
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menganalisis  fenomena geosfer berdasarkan keempat prinsip geografi.
·        Mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi.
·        Siswa dapat Menjelaskan Prinsip Geografi
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian disampaikan di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan prinsip-prinsip geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang prinsip-prinsip geografi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan mengenai fenomena geosfer




Isi menunjukkan prinsip dan pendekatan geografi




Isi menunjukkan analisis terhadap fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                Sukoharjo, 12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus             Guru Geografi



Wiwoho, M.Pd.                                                         Kristanto, S.Pd.        
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Mendeskripsikan Aspek-aspek Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
-       Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan aspek-aspek geografi
-          Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Materi Pembelajaran
-          Aspek-Aspek Geografi
1.      Aspek fisik (alamiah)
2.      Aspek sosial (kehidupan)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar fenomena geosfer
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
·        Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
·        Siswa dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·         Guru mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi (hal 12 – 13). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan fenomena geosfer




Pemahaman tentang aspek geografi




Kemampuan melakukan analisis terhadap pernyataan




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar
Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 1. Hakikat Geografi
I.     Pilihan Ganda
  1. e
  2. b
  3. a
  4. b
  5. d
  1. b
  2. e
  3. c
  4. b
  5. c

II.                Essai
  1. Ruang lingkup Geografi tidak lepas dari apa yang menjadi objek material geografi. Ruang lingkup geografi mencakup fenomena permukaan bumi (gejala geosfer), yang terdiri atas gejala alam (fisik) dan gejala manusia (sosial). Gejala-gejala ini menganalisis persebaran, hubungan, dan interaksi dalam ruang muka bumi. Geografi harus mampu menjawab pertanyaan 3WH, yaitu what – where – why – how tentang segala hal yang terjadi di muka bumi.
  2. Ilmu Geologi merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi secara keseluruhan; yang berkenaan dengan kejadian, struktur, komposisi, dan proses pembentukan bumi.
Peranan ilmu geologi terhadap geografi adalah membantu menjelaskan fenomena yang terjadi di bumi secara keseluruhan. Misalnya, fenomena gempa, dalam ilmu geologi akan dijelaskan mengenai sebab-sebab kejadian, kekuatan gempa, dan struktur penyusunnya. Melalui bantuan ilmu geologi, maka penjelasan geografi mengenai fenomena yang terjadi di bumi akan lebih jelas dan menyeluruh.
  1. Bahan kajian geografi yang berkaitan dengan aspek sosial, antara lain adat istiadat, tradisi, kepercayaan, kultur masyarakat, nilai-nilai dan norma hukum, serta hubungan antarmanusia dan lingkungan.
  2. Maksud objek formal dan material geografi adalah sebagai berikut.
·         Objek formal geografi merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis masalah-masalah objek material geografi. Analisis masalah objek material geografi tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan keruangan, lingkungan, dan kompleks kewilayahan.
·         Objek material geografi merupakan bahan (isi) kajian geografi berupa fenomena permukaan bumi (geosfer), yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala variasi dan agihannya, serta antroposfer sebagai tema sentral.
  1. Fenomena banjir dapat dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip geografi. Pengamatan daerah banjir melalui prinsip persebaran, dapat diketahui daerah-daerah yang terkena banjir untuk segera dilakukan antisipasi. Melalui prinsip timbal balik, kita dapat mencari tahu penyebab terjadinya banjir, adakah faktor alam dan faktor manusia yang memengaruhinya. Dalam mengkaji banjir selalu diperhatikan persebarannya dalam ruang, hubungannya dengan faktor-faktor penyebab banjir, dan seterusnya. Dengan demikian, melalui prinsip korologi kita akan mampu menjelaskan karakteristik banjir tersebut. Kemudian melalui prinsip penggambaran, dapat diuraikan sebab dan akibat serta persebaran fenomena banjir dengan penggunaan peta, diagram, dan grafik.

III.             Soal Terapan
1.      Mendirikan toko kelontong dekat dengan perumahan, strategis, mudah dijangkau (aksesibilitasnya tinggi), sehingga para konsumen dapat dengan mudah mendatangi tokonya.
2.      Pembuatan terasering dan tanaman penutup.
3.      Topografinya yang tinggi (daerah pegunungan) terkadang banyak binatang buas yang datang ke rumah-rumah penduduk atau peristiwa alam seperti banjir.




IV.             Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                Sukoharjo, 12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus             Guru Geografi



Wiwoho, M.Pd.                                             Kristanto, S.Pd.         




Selengkapnya silahkan download di bawah

LINK DOWNLOAD

0 komentar:

Post a Comment