BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep
Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menguraikan konsep
geografi
-
Menguraikan
perkembangan ilmu geografi
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
pengertian geografi dari berbagai pakar
-
Membandingkan
perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-
Mengidentifikasikan
konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kreatif,
Religius, Disiplin, Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
dan ruang lingkup geografi
-
Perkembangan
ilmu geografi
-
Objek formal dan objek material geografi
-
Konsep
esensial geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills,
pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku
sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
|
·
Menguraikan
konsep geografi
|
·
Siswa
dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. (nilai yang ditanamkan: Komunikatif, Disiplin, saling
menghargai.);
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran. (nilai yang ditanamkan: Kreatif );
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian geografi secara garis besar. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari buku
atau Internet. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai
pengertian geografi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
(guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan
pandangan tokoh. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan
penerapannya dalam kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
A. Bersama-sama menyimpulkan materi yang
telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
B. Guru memberi tugas individu untuk membuat
ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar
mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-
Penilaian
untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan
konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada
rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang
baik
|
||||
Isi menunjukkan penjelasan dari
kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
||||
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
||||
Kemampuan melakukan analisis
|
||||
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik
dalam diskusi
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Sukoharjo,
12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Guru Geografi
Wiwoho, M.Pd. Kristanto, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep
Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi : - Merumuskan ruang lingkup
kajian geografi
-
Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
ruang lingkup geografi
-
Menjelaskan
objek studi geografi
-
Mengidentifikasikan
konsep geografi dalam kajian geosfer
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
B.
Materi Pembelajaran
-
Ruang
lingkup geografi
-
Objek
studi geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku
sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
|
·
Membedakan
objek formal dan objek material dalam studi geografi.
|
·
Siswa
dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian
geosfer. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
C. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
D. Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan :
Unjuk kerja
Bentuk tagihan :
Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana
aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal :
…………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta
didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok
dengan baik
|
|||
2.
|
Kerjasama kelompok
|
|||
3.
|
Hasil tugas
|
|||
4.
|
Penggunaan bahasa yang baik
|
|||
Jumlah Nilai Kelompok
|
||||
Penilaian Individu Peserta
didik
|
||||
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|||
2.
|
Berani menjawab pertanyaan
|
|||
3.
|
Inisiatif
|
|||
4.
|
Ketelitian
|
|||
Jumlah Nilai Individu
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Sukoharjo,
12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Guru Geografi
Wiwoho, M.Pd. Kristanto,
S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan Pendekatan
Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
-
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi
dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
B.
Materi Pembelajaran
-
Pendekatan
kajian geografi
1. Pendekatan keruangan (spatial approach)
2. Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3. Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku
sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·
Mengamati
gambar dan menganalisis fenomena geosfer melalui pendekatan geografi
|
·
Analisislah
mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan!
|
·
Siswa
dapat Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari berbagai
referensi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi
sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar (hal 8). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan,
dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara
individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di
daerah perkotaan (Analitika hal 9). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan analisis. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
E.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Bersama-sama
menarik kesimpulan materi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan :
Unjuk kerja
Bentuk tagihan :
Diskusi
Bahan diskusi :
Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!
Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
||||
Kemampuan melakukan analisis
|
||||
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
||||
Sikap terhadap materi pembahasan
|
||||
Alasan atas sikap terhadap materi
pembahasan
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik
dalam diskusi
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Sukoharjo,
12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Guru Geografi
Wiwoho, M.Pd. Kristanto, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan
Prinsip-prinsip Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
- Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip
geografi
- Menerapkan prinsip geografi dalam kajian
gejala geosfer
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
prinsip-prinsip geografi
-
Mengidentifikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
B.
Materi Pembelajaran
-
Prinsip-Prinsip
Geografi
1. Prinsip persebaran
2. Prinsip timbal balik
3. Prinsip korologi
4. Prinsip penggambaran
C.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku
sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar/foto
fenomena geosfer
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis fenomena geosfer berdasarkan keempat
prinsip geografi.
|
·
Mengungkapkan
kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi.
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan Prinsip Geografi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang
terjadi di Indonesia.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru
memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian
disampaikan di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan
prinsip-prinsip geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Guru
memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang
terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
||||
Pemahaman tentang prinsip-prinsip
geografi
|
||||
Kemampuan melakukan analisis
|
||||
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik
dalam analisis
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang
baik
|
||||
Isi menunjukkan penjelasan mengenai
fenomena geosfer
|
||||
Isi menunjukkan prinsip dan pendekatan
geografi
|
||||
Isi menunjukkan analisis terhadap
fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia
|
||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
||||
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap isi
|
||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Sukoharjo,
12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Guru Geografi
Wiwoho, M.Pd. Kristanto, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA Kristen Kalam Kudus
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan Aspek-aspek
Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -
Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
- Memberikan contoh aspek-aspek geografi
dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
aspek-aspek geografi
-
Memberikan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Materi Pembelajaran
-
Aspek-Aspek
Geografi
1. Aspek fisik (alamiah)
2. Aspek sosial (kehidupan)
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku
sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
OHP /
Slide Proyektor
-
Gambar
fenomena geosfer
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengungkapkan
kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·
Guru
mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi (hal 12 –
13). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian tertulis
-
Soal-soal
evaluasi pada akhir bab.
Penilaian Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan fenomena geosfer
|
||||
Pemahaman tentang aspek geografi
|
||||
Kemampuan melakukan analisis terhadap
pernyataan
|
||||
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
||||
Partisipasi dalam diskusi
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik
dalam analisis
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Keterangan:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Kunci Jawaban Soal Evaluasi
Bab 1. Hakikat Geografi
I.
Pilihan
Ganda
|
|
II.
Essai
- Ruang lingkup
Geografi tidak lepas dari apa yang menjadi objek material geografi. Ruang
lingkup geografi mencakup fenomena permukaan bumi (gejala geosfer), yang
terdiri atas gejala alam (fisik) dan gejala manusia (sosial).
Gejala-gejala ini menganalisis persebaran, hubungan, dan interaksi dalam
ruang muka bumi. Geografi harus mampu menjawab pertanyaan 3WH, yaitu what – where – why – how tentang
segala hal yang terjadi di muka bumi.
- Ilmu Geologi
merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi secara keseluruhan;
yang berkenaan dengan kejadian, struktur, komposisi, dan proses
pembentukan bumi.
Peranan ilmu geologi terhadap geografi adalah membantu menjelaskan fenomena
yang terjadi di bumi secara keseluruhan. Misalnya, fenomena gempa, dalam ilmu
geologi akan dijelaskan mengenai sebab-sebab kejadian, kekuatan gempa, dan
struktur penyusunnya. Melalui bantuan ilmu geologi, maka penjelasan geografi
mengenai fenomena yang terjadi di bumi akan lebih jelas dan menyeluruh.
- Bahan kajian
geografi yang berkaitan dengan aspek sosial, antara lain adat istiadat,
tradisi, kepercayaan, kultur masyarakat, nilai-nilai dan norma hukum,
serta hubungan antarmanusia dan lingkungan.
- Maksud objek
formal dan material geografi adalah sebagai berikut.
·
Objek
formal geografi merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis
masalah-masalah objek material geografi. Analisis masalah objek material
geografi tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan keruangan, lingkungan, dan
kompleks kewilayahan.
·
Objek
material geografi merupakan bahan (isi) kajian geografi berupa fenomena
permukaan bumi (geosfer), yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan
biosfer dengan segala variasi dan agihannya, serta antroposfer sebagai tema
sentral.
- Fenomena banjir
dapat dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip geografi. Pengamatan
daerah banjir melalui prinsip persebaran, dapat diketahui daerah-daerah
yang terkena banjir untuk segera dilakukan antisipasi. Melalui prinsip
timbal balik, kita dapat mencari tahu penyebab terjadinya banjir, adakah
faktor alam dan faktor manusia yang memengaruhinya. Dalam mengkaji banjir
selalu diperhatikan persebarannya dalam ruang, hubungannya dengan
faktor-faktor penyebab banjir, dan seterusnya. Dengan demikian, melalui
prinsip korologi kita akan mampu menjelaskan karakteristik banjir
tersebut. Kemudian melalui prinsip penggambaran, dapat diuraikan sebab dan
akibat serta persebaran fenomena banjir dengan penggunaan peta, diagram,
dan grafik.
III.
Soal
Terapan
1.
Mendirikan
toko kelontong dekat dengan perumahan, strategis, mudah dijangkau
(aksesibilitasnya tinggi), sehingga para konsumen dapat dengan mudah mendatangi
tokonya.
2.
Pembuatan
terasering dan tanaman penutup.
3.
Topografinya
yang tinggi (daerah pegunungan) terkadang banyak binatang buas yang datang ke
rumah-rumah penduduk atau peristiwa alam seperti banjir.
IV.
Skala
Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
||||
Pemahaman tentang materi
|
||||
Kemampuan melakukan analisis atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
||||
Sikap terhadap pernyataan/kutipan
tersebut
|
||||
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik
dalam analisis
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Sukoharjo,
12 Juni 2015
Kepala Sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Guru Geografi
Selengkapnya silahkan download di bawah
LINK DOWNLOAD
0 komentar:
Post a Comment