Image Widget

Image Widget

Belajar Geografi SMA

Menyajikan berbagai materi dan perangkat pembelajaran Geografi serta pembahasan latihan soal UN dan Olimpiade. Kami juga melayani pembelian peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:25,000 dan pembuatan peta digital untuk mahasiswa S1, S2, instansi maupun umum. Terima kasih (Belajargeografisma@gmail.co.id)

MATERI UKG 2016

Friday, 18 November 2016

RANGKUMAN MATERI PEDAGOGIK UKG

A.        PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM (ada 7):
1.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan pesdik & lingkungannya
2.       Beragam dan terpadu
3.       Tanggap terhadap perkembangan iptek dan seni.
4.       Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.       Menyeluruh dan berkesinambungan
6.       Belajar sepanjang hayat
7.       Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

B.         PILAR BELAJAR DALAM PRINSIP PELAKSANAAN KURIKULUM (ada 5):
1.       Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
2.       Belajar untuk memahami dan menghayati
3.       Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara obyektif
4.       Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain
5.       Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

C.         SILABUS SEBAGAI ACUAN PENGEMBANGAN RPP, MEMUAT (ada 9):
1.       Identitas Mapel                                                   6.   Indikator Pencapaian Kompetensi
2.       SK                                                                          7.   Penilaian
3.       KD                                                                          8.   Alokasi Waktu
4.       Materi  Pembelajaran                                        9.   Sumber Belajar
5.       Kegiatan Pembelajaran     

D.        KOMPONEN RPP (ada 11):
1.       Identitas Mapel                                                   9.   Kegiatan Pembelajaran
2.       SK                                                                                          a.  Pendahuluan
3.       KD                                                                                          b.  Inti:    1) Eksplorasi
4.       Indikator Pencapaian Kompetensi                                                   2) Elaborasi
5.       Tujuan Pembelajaran                                                                         3) Konfirmasi
6.       Materi Ajar                                                                          c.  Penutup
7.       Alokasi Waktu                                                     10.  Penilaian Hasil Belajar
8.       Metode Pembelajaran                                       11.  Sumber Belajar

E.         PRINSIP PENYUSUNAN RPP (ada 6):
1.       Memperhatikn perbedaan individu pesdik                   4.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
2.       Mendorong partisipasi aktif pesdik                                 5.   Keterkaitan dan keterpaduan
3.       Mengembangkan budaya membaca dan menulis         6.   Menerapkan TIK

F.         PENILAIAN DILAKUKAN UNTUK:
1.       Mengukur tingkat pencapaian kompetensi pesdik
2.       Digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar
3.       Memperbaiki proses pembelajaran

G.        PRINSIP PENILAIAN (ada 9):
1.       Sahih                     : mencerminkan kemampuan yang diukur
2.       Obyektif                               : didasarkan pada prosedur dan kinerja yang jelas, tidak subyektifitas
3.       Adil                        : tidak menguntungkan atau merugikan pesdik dari segi budaya, suku, agama, dsb.
4.       Terpadu                                : merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
5.       Terbuka                                : prosedur, kriteria dan dasarnya dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan
6.       Menyeluruh dan Berkesinambunagn             : mencakup semua aspek kompetensi
7.       Sistematis             : dilakukan secara terencana dan bertahap
8.       Beracuan Kriteria               : didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi
9.       Akuntabel            : dapat dipertanggungjawabkan dari segi teknik, prosedur, dan hasilnya

H.        KOMPETENSI GURU SEBAGAI MANA TERTUANG DALAM PP No.19 Th.2005 Ps.28 ayat 3:
a.        Kompetensi Pedagogik      : Mampu mengelola pembelajaran pesdik yang meliputi pemahaman terhadap pesdik, perancangan
     dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan pesdik sesuai
     potensinya.
b.       Kompetensi Kepribadian   : Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa,
      dapat menjadi teladan, berakhlak mulia.
c.        Kompetensi Profesional    : Penguasaan materi secara luas dan mendalam
d.       Kompetensi Sosial                              : Sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan pesdik,
      sesame pendidik, orang tua/wali, dan masyarakat.

I.          ASPEK ASPEK KOMPETENSI PEDAGOGIK (ada 7):
1.       Menguasai Karakteristik Pesdik
2.       Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik
3.       Pengembangan Kurikulum
4.       Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik
5.       Komunikasi dengan Pesdik
6.       Penilaian dan Evaluasi
7.       Pengembangan Potensi Pesdik

J.          INDIKATOR PADA ASPEK KOMPETENSI PEDAGOGIK:
1.     Indikator Menguasai Karakteristik Pesdik:
a.        Dapat mengidentifikasi karakteristik belajar pesdik
b.       Dapat memastikan bahwa pesdik mendapat kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif
c.        Dapat mengatur kelas
d.       Dapat mengetahui penyebab penyimpangan perilaku pesdik
e.       Dapat membantu mengembangkan potensi pesdik
f.         Memperhatikan pesdik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran

2.     Indikator Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik:
a.        Member kesempatan pesdik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajr
b.       Memastikan tingkat pemahaman pesdik
c.        Dapat menjelaskan alas an pelaksanaan kegiatan yang dilakukan
d.       Menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar pesdik
e.       Merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait, dengan memperhatikan tujuan pembel.
f.         Memperhatikan respon pesdik yang belum/kurang mendalami materi

3.     Indikator Pengembangan Kurikulum:
a.        Dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum
b.       Dapat merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk mebahas materi ajar tertentu agar pesdik dapat mencapai KD yang ditetapkan
c.        Mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
d.       Dapat memilih materi ajar yang:
-          Sesuai dengan tujuan
-          Tepat dan  mutakhir
-          Sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
-          Dapat dilaksanakan di kelas
-          Sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari

4.     Indikator Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik:
a.        Dapat melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar pesdik
b.       Dapat mengomunikasikan informasi baru
c.        Menyikapi kesalahan pesdik sebagai tahapan proses pembelajaran
d.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari
e.       Melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi

5.     Indikator Komunikasi dengan Pesdik:
a.        Menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi pesdik
b.       Memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan pesdik
c.        Menaggapi pertanyaan pesdik secara tepat, benar, dan mutakhir
d.       Menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama
e.       Mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban pesdik
f.         Memberikan perhatian terhadap pertanyaan pesdik dan merespon secara lengkap dan relevan

6.     Indikator Penilaian dan Evaluasi:
a.        Dapat meyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi seperti dalam RPP
b.       Melaksanakan penilaian dengan teknik dan jenis penilaian
c.        Menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topic/KD yang sulit sehingga diketahui kelemahan masing-masing pesdik untuk keperluan remidiasi dan pengayaan
d.       Memanfaatkan masukan dari pesdik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya
e.       Memanfaatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya

7.     Indikator Pengembangan Potensi Pesdik:
a.        Menganalisis hasil belajar untuk mengetahui tingkat kemajuan pesdik
b.       Merancang aktivitas belajar yang mendorong pesdik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing
c.        Melaksanakan aktivitas belajar untuk memunculkan daya kreatifitas dan kemampuan berpikir
d.       Aktif membantu pesdik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian terhadap tiap individu
e.       Dapat mengidentifikasi bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar pesdik
f.         Memberikan kesempatan belajar sesuai dengan cara belajar masing-masing
g.        Memusatkan perhatian pada interaksi dengan pesdik dan mendorong memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.

K.         PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS (ada 8):
1.       Ilmiah                   : keseluruhan materi harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
2.       Relevan                : cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi sesuai dengan
  tingkat perkembangan fisik, intelektual, social, emosional, dan spiritual pesdik.
3.       Sistematis            : komponen-komponen silabus harus berhubungan secara fungsional dalam mencapai
  kompetensi. SK dan KD merupakan acuan utama dalam pengembangan silabus.
4.       Konsisten             : adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara KD, indicator, materi, kegiatan
  pembelajaran, sumber belajar, serta teknik dan instrument penilaian.
5.       Memadai              : cakupan indikator, materi, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan system penilaian
  cukup untuk menunjang pencapaian KD.
6.       Akatual dan Kontekstual   : cakupan indikator, materi, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
  system penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni
  mutakhir dalam kehidupan nyata.
7.       Fleksibel               : mengakomodasi keragaman pesdik, pendidik, dinamika perubahan yang terjadi
8.       Menyeluruh        : mencakup seluruh ranah kompetensi: kognitif, afektif, psikomotor


1. Persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang guru:
a. Kompetensi Kepribadian:
1. Mantap dan stabil
2. Dewasa
3. Arif
4. Berwibawa
5. Teladan

b. Kompetensi Pedagogik
1.Memahani peserta didik
2. Merancang pembelajaran
3. Melaksanakan pembelajaran
4. Merancang dan mengevaluasi pembelajaran
5. Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

c. Kompetensi profesional
1. Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi.
2. Menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi.

d. Kompetensi sosial
1. Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik.
2. Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan
3. Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

2. Pengertian pembelajaran dan komponennya
Pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.
Komponen-komponennya meliputi:
– Siswa
– Guru
– Tujuan
– Isi pelajaran
– Metode
– Media
– Evaluasi

3. Teori- Teori Pembelajaran
a. Behavioristik
Pembelajaran selalu memberi stimulus kepada siswa agar menimbulkan respon yang tepat seperti yang kita inginkan. Hubunagn stimulus dan respons ini bila diulang kan menjadi sebuah kebiasaan.selanjutnya, bila siswa menemukan kesulitan atau masalah, guru menyuruhnya untuk mencoba dan mencoba lagi (trial and error) sehingga akhirnya diperoleh hasil.

b. Kognitivisme
Pembelajaran adalah dengan mengaktifkan indera siswa agar memeperoleh pemahaman sedangkan pengaktifan indera dapat dilaksanakan dengan jalan menggunakan media/alat bantu. Disamping itu penyampaian pengajaran dengan berbagai variasi artinya menggunakan banyak metode.

c. Humanistik
Dalam pembelajaran ini guru sebagai pembimbing memberi pengarahan agar siswa dapat mengaktualisasikan dirinya sendiri sebagai manusia yang unik untuk mewujudkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Dan siswa perlu melakukan sendiri berdasarkan inisisatif sendiri yang melibatkan pribadinya secara utuh (perasaan maupun intelektual) dalam proses belajar, agar dapat memperoleh hasil.

d. Sosial/Pemerhatian/permodelan
Proses pembelajaran melalui proses pemerhatian dan pemodelan Bandura (1986) mengenal pasti empat unsur utama dalam proses pembelajaran melalui pemerhatian atau pemodelan, yaitu pemerhatian (attention), mengingat (retention), reproduksi (reproduction), dan penangguhan (reinforcement), motivasi (motivation). Implikasi daripada kaedah ini berpendapat pembelajaran dan pengajaran dapat dicapai melalui beberapa cara yang berikut:
• Penyampaian harus interaktif dan menarik
• Demonstasi guru hendaklah jelas, menarik, mudah dan tepat
• Hasilan guru atau contoh-contoh seperti ditunjukkan hendaklah mempunyai mutu yang tinggi.

4. Ciri-ciri pembelajaran
Ciri-ciri pembelajaran yang menganut unsur-unsur dinamis dalam proses belajar siswa sebagai berikut :
a. Motivasi belajar
b. Bahan belajar
c. Alat bantu belajar
d. Suasana belajar:
d.1. komunikasi dua arah

d.2. gairah dan gembira
e. Kondisi siswa yang belajar:
e.1. setiap siswa unik
e.2. kesamaan siswa

5. Pendekatan dan  metode dalam pembelajaran
A.       PENDEKATAN
1.      Pendekatan Konsep (penguasaan konsep dan subkonsep, guru terlalu dominan)
2.      Pendekatan Lingkungan(mengaitkan lingkungan dalam proses belajar
3.      Pendekatan Inkuiri (mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik)
4.      Pendekatan Proses (melakukan pengamatan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil pengamatan)
5.    Pendekatan Interaktif (pendekatan pertanyaan anak, memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan)
6.    Pendekatan Pemecahan Masalah (masalah yang dipecahkan melalui praktikum/pengamatan)
7.    Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM)
8.    Pendekatan Terpadu (Integrated Approach) – memadukan dua unsur atau lebih dalam suatu kegiatan pembelajaran.

B. METODE
1.      Metode Ceramah (penyampaian bahan pelajaran secara lisan)
2.      Metode Tanya Jawab (pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan sudah direncanakan sebelumnya)
3.      Metode Diskusi Metode diskusi adalah cara pembelajaran dengan memunculkan masalah.
4.      Metode Kooperatif (siswa berada dalam kelompok kecil dengan anggota sebanyak 4-5 orang)
5.      Metode Demonstrasi (memeragakan suatu proses kejadian)
6.      Metode Karyawisata/Widyawisata (membawa siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas)
7.      Metode Penugasan (memberi tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar)
8.      Metode Eksperimen (menggunakan percobaan)
9.      Metode Bermain Peran (pembelajaran dengan cara seolah-olah berada dalam suatu situasi untuk memperoleh suatu pemahaman tentang suatu konsep)

6. Prinsip pengembangan kurikulum
Asep Herry Hernawan dkk. (dalam Sudrajat, 2007) mengemukakan lima prinsip dalam pengembangan kurikulum, yaitu:
a.      Prinsip relevansi - kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sebaliknya, secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebut memiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis)
b. Prinsip fleksibilitas - mengusahakan agar yang dihasilkan memiliki sifat luwes, lentur, dan fleksibel dalam pelaksanaannya, memungkinkan terjadinya penyesuaian-penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi tempat dan waktu yang selalu berkembang, serta kemampuan dan latar bekang peserta didik.
c.      Prinsip kontinyuitas - adanya kesinambungan dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara horizontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus memperhatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar- jenjang pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan.
d.    Prinsip efisiensi - mengusahakan agar dalam pengembangan kurikulum dapat mendayagunakan waktu, biaya, dan sumber-sumber lain yang ada secara optimal, cermat dan tepat sehingga hasilnya memadai.
e.       Prinsip efektivitas yakni mengusahakan agar kegiatan pengembangan kurikulum mencapai tujuan tanpa kegiatan yang mubazir, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Terkait dengan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat sejumlah prinsip-prinsip yang harus dipenuhi, yaitu :
1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.      Beragam dan terpadu
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

7. Evaluasi Pengalaman Belajar
a.  Evaluasi merupakan proses untuk memperoleh seberapa jauh pengalaman belajar berkembang dan terorganisasi yang benar-benar menghasilkan hasil yang diinginkan,
b. Evaluasi merupakan proses yang sistematis artinya dalam pengajaran kegiatan ini tentu direncanakan, berkesinambungan dari awal hingga akhir pelaksanaan program.
c. Dalam evaluasi diperlukan berbagai informasi atau data yang nantinya akan diolah dan hasilnya akan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
d. Hasil evaluasi digunakan untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa.

Dengan demikian evaluasi dapat berfungsi:
1) Mengetahui kemajuan, perkembangan, dan keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Hasil evaluasi yang diperoleh itu dapat digunakan untuk memperbaiki cara belajar siswa.
2) Mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran.
3) Sumber informasi atau data bagi pelayanan BK kepada siswa.
4) Untuk pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan.

8. Teknik dan Instrumen Penilaian
a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
b. Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.
c. Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.
d. Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah dan/atau proyek.
e. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhi persyaratan (a) substansi, adalah merepresentasikan kompetensi yang dinilai, (b) konstruksi, adalah memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan, dan (c) bahasa, adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik.
f. Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa, serta memiliki bukti validitas empirik.
g. Instrumen penilaian yang digunakan oleh pemerintah dalam bentuk UN memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, bahasa, dan memiliki bukti validitas empirik serta menghasilkan skor yang dapat diperbandingkan antar sekolah, antar daerah, dan antar tahun

9. Ciri-ciri tes yang baik
Sebuah tes yang dapat  dikatakan baik sebagai alat pengukur harus memenuhi persyaratan tes, yaitu memiliki:
(1) Validitas: validitas atau daya ketepatan mengukur, sebuah tes disebut valid apabila tes itu dapat mengukur apa yang hendak di ukur
(2) Reliabilitas: jika memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali, sebuah tes dikatakan raliabel apabila hasil-hasil tes tersebut menunjukan ketetapan. Dengan kata lain, jika kepada para siswa diberikan tes yang sama pada waktu yang berlainan, maka setiap siswa akan tetap berada dalam urutan (ranking) yang sama dalam kelompoknya.
(3) Obyektivitas: apabila tes tersebut disusun dan dilaksanakan : menurut apa adanya
(4) Praktikabilitas:  mudah dilaksanakan, mudah pemeriksaannya, dilengkapi dengan petunjuk yang jelas.
(5) Ekonomis: tidak membutuhkan ongkos/biaya yang mahal, tenaga yang banyak dan waktu yang lama.

10. Langkah-langkah pengembangan teori pembelajaran
1)    Analisis tujuan dan karakteristik bidang studi.
2)    Analisis sumber belajar.
3)    Analisis karakteristik si belajar (siswa).
4)    Menetapkan tujuan belajar dan isi pembelajaran.
5)    Menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran.
6)    Menetapkan strategi penyampaian isi pembelajaran.
7)    Menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran.
8)    Pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.

11. Karakteristik peserta didik
Sumber informasi yang dapat digunakan dalam rangka asesmen perilaku keterampilan awal siswa, antara lain:
- dokumen yang tersedia
- khususnya hasil belajar yang diperoleh sebelumnya
- siswa itu sendiri
- orang-orang yang mengetahui kemampuan siswa tesebut.

Teknik yang dapat digunakan dalam mengasesmen kemampuan awal tersebut, antara lain:
- dokumentasi,
- kuesioner,
- observasi,
- wawancara,
- melakukan tes diagostik secara khusus.

Di samping mengidentifikasi perilaku keterampilan awal siswa, guru juga perlu mengenali karakteristik siswa lainnya yang berhubungan dengan perilaku belajar mereka. Beberapa di antara karakterstik ini, misalnya:
- motivasi belajar,
- kemampuan dan tingkat kecerdasan,
- minat,
- kebiasaan belajar,
- harapan dan aspirasi siswa,
- maupun daya dukung lingkungan masing-masing siswa.



0 komentar:

Post a Comment