SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X (sepuluh)
Semester : 1 (satu)
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan pembelajaran
|
Materi
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
|
·
Menguraikan konsep geografi
·
Menguraikan perkembangan ilmu geografi
·
Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
·
Mengidentifikasi objek studi geografi
|
·
Menjelaskan mengenai pengertian geografi dari berbagai
referensi
·
Menjelaskan mengenai sejarah perkembangan ilmu geografi
·
Menjelaskan konsep esensial geografi dan contoh
penerapannya
·
Mengidentifikasikan ruang lingkup geografi
·
Membedakan objek formal dan objek material dalam studi
geografi
|
·
Konsep Geografi
·
Ruang Lingkup Geografi
·
Objek Studi Geografi
|
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Portofolio
· Unjuk kerja
|
· Tertulis
· Tes lisan
· Ringkasan
·
Hasil kesimpulan diskusi
|
·
Carilah pengertian geografi dan pandangan tokoh mengenai geografi dari situs internet!
·
Jelaskanlah perbedaan antara Aliran Fisik Determinisme
dan Aliran Possibilisme!
·
Buatlah ringkasan materi mengenai Hakikat Geografi!
·
Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer!
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
|
· Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
· Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
|
·
Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi
dari berbagai referensi
·
Mengamati gambar dan menganalisis fenomena geosfer
melalui pendekatan geografi
|
· Metode/pendekatan
Geografi
1. Metode/pendekatan
keruangan
2. Metode/pendekatan
kompleks kewilayahan
3. Metode/pendekatan
ekologi
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
|
· Tes lisan
· Analisis kasus
|
·
Jelaskan perbedaan antara metode/pendekatan geografi
secara keruangan, kompleks wilayah, dan ekologi!
·
Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di daerah
perkotaan!
|
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Gambar fenomena geosfer
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
1.3. Menjelaskan Prinsip Geografi
|
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
·
Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
·
Menerapkan prinsip
geografi dalam kajian gejala geosfer
|
·
Mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari
berbagai referensi
·
Membaca buku dan mengamati gambar fenomena geosfer
·
Menganalisis
fenomena geosfer yang dikaji berdasarkan keempat prinsip geografi
|
·
Prinsip-Prinsip Geografi
1. Prinsip persebaran
2. Prinsip timbal balik
3. Prinsip korologi
4. Prinsip penggambaran
|
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Tugas kelompok
|
·
Tes uraian
·
Analisis gambar
·
Makalah
|
·
Jelaskanlah prinsip-prinsip geografi yang digunakan
untuk menganalisis gejala geosfer!
·
Jelaskanlah fenomena geosfer yang terdapat dalam gambar
yang kamu amati!
·
Buatlah makalah secara berkelompok mengenai hubungan
geografi dengan ilmu-ilmu lain dalam mengkaji fenomena geografis dalam
kehidupan sehari-hari!
|
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Gambar/foto fenomena geosfer
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
1.4. Mendeskripsikan Aspek Geografi
|
· Mendeskripsikan
aspek-aspek geografi
· Memberikan contoh
aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian
berbagai referensi
·
Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek
sosial
·
Mengamati gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek
geografi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Aspek Geografi
1. Aspek fisik (alamiah):
gejala-gejala alam yang timbul
2. Aspek sosial
(kehidupan): dengan segala interaksi, penyebaran, maupun relasinya
|
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Portofolio
|
·
Tanya jawab
·
Tanya jawab
·
Soal evaluasi
|
·
Jelaskanlah mengenai
aspek-aspek geografi dalam mengkaji fenomena geografis!
·
Jelaskan perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial
dalam kajian geografi yang terdapat pada gambar yang diamati!
·
Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami
sejarah pembentukan bumi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan pembelajaran
|
Materi
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
||
Teknik
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1. Mendeskrip-sikan jagat raya dan tata surya
|
·
Mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
·
Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
·
Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
·
Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat
anggota Jagat Raya
|
·
Menjelaskan pengertian Jagat Raya dari beberapa
referensi
·
Secara kelompok, mendiskusikan tentang pandangan manusia mengenai Jagat
Raya
·
Membaca buku dan menghitung jarak benda-benda langit di
Jagat Raya dengan menggunakan satuan ukuran jarak di Jagat Raya
·
Menonton VCD mengenai proses terjadinya Jagat Raya
|
Jagat Raya
·
Pengertian Jagat Raya
·
Pandangan Manusia tentang Jagat Raya
·
Satuan Jarak di Jagat Raya
·
Anggota Jagat Raya
|
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Portofolio
|
·
Tertulis
· Diskusi
· Tes uraian
· Karangan
· Soal evaluasi
|
·
Carilah pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
dari situs internet!
·
Diskusikanlah tentang perkembangan pandangan manusia
mengenai Jagat Raya dari situs internet!
·
Hitung berapa jarak bintang yang memiliki paralaks 0,35
detik busur dalam tahun cahaya dan astronomical
unit!
·
Tontonlah VCD Jagat Raya tersebut dengan cermat!
Buatlah kesimpulan/ringkasannya!
·
Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Gambar proses pembentukan Jagat Raya
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
OHP/Slide Proyektor
·
VCD Jagat Raya (Galaksi)
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
· Menjelaskan proses
terjadinya Tata Surya
· Mendeskripsikan
teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
· Menjelaskan Matahari
sebagai Pusat Tata Surya
· Menjelaskan planet
sebagai anggota Tata Surya
|
·
Membaca dan menyusun secara kronologis tentang proses
terjadinya Tata Surya
·
Menguraikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
·
Membaca buku dan
diskusi kelompok mengenai keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya
·
Menonton film pendek mengenai planet
|
Tata Surya
· Proses Terjadinya Tata
Surya
· Matahari Pusat Tata
Surya
· Planet-planet
|
·
Unjuk kerja
· Kuis
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Portofolio
|
·
Tertulis
·
Uraian singkat
·
Uji penguasaan materi
·
Karangan
· Soal evaluasi
|
·
Carilah pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
dari situs internet!
·
Jelaskan mengenai Hipotesis Nebular yang dikemukakan
oleh Immanuel Kant!
·
Kerjakanlah uji penguasaan materi (hal 37)!
·
Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah
kesimpulan/ ringkasannya!
·
Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta konsep
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta konsep
·
OHP/Slide Proyektor
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta konsep
·
Gambar susunan planet
·
OHP/Slide Proyektor
·
VCD tentang Planet
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
|
2.2. Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
|
·
Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
·
Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
·
Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
·
Menganalisis teori tektonik lempeng
|
·
Membaca dan menyusun secara kronologis sejarah
pembentukan muka bumi
·
Mengamati gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi
karakteristiknya
·
Membaca dan tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka
bumi hingga saat ini
·
Secara berkelompok, diskusi tentang lempeng tektonik
dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
|
· Pembentukan Muka Bumi
dan Perkembangannya
·
Sejarah Pembentukan Muka Bumi
·
Karakteristik Lapisan Bumi
·
Teori Tektonik Lempeng
|
· Portofolio
· Tugas individu
· Unjuk kerja
· Unjuk kerja
|
·
Soal evaluasi
·
Tes tertulis
·
Tanya jawab
·
Diskusi
|
· Kerjakanlah soal-soal
evaluasi bab tentang Pembentukan Muka Bumi!
·
Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!
·
Bagaimanakah perkembangan muka bumi yang dijelaskan
oleh Teori Pengapungan Benua?
·
Diskusikanlah mengenai lempeng tektonik dan kaitannya
dengan persebaran gunung api dan gempa bumi!
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta konsep
·
OHP/Slide Proyektor
·
Gambar struktur perlapisan bumi
·
Internet
·
Buku sumber
·
Buku penunjang lain
·
Peta konsep
·
OHP/Slide Proyektor
·
Gambar struktur perlapisan bumi
·
Model-model patahan dan lipatan
·
Peta lempeng tektonik
·
Internet
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
·
|
Mengetahui,
Kepala SMA Kristen Kalam Kudus
Wiwoho, M.Pd.
Selengkapnya silahkan download dibawah
|
Sukoharjo, 12 Juni 2015
Guru Geografi
Kristanto, S.Pd.
|
0 komentar:
Post a Comment