RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Geografi
Peminatan : IIS
Kelas /Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Materi Pokok : Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di
muka bumi
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan hidrosfer sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga kelestariannya untuk kemuliaan nama Tuhan
|
1.1.1 Mengidentifikasi dan mensyukuri karakteristik dan tujuan siklus hidrologi sebagai anugerah Tuhan dalam keberlangsungan kehidupan dimuka bumi (Sungai di Taman Eden, Kejadian 2:10-14)
1.1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan berbagai jenis perairan darat beserta manfaatnya sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga kelestariannya (Kejadian 2:15)
1.1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan perairan laut beserta manfaatnya sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga kelestariannya (Kejadian 2:15)
1.1.4 Menghayati dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata dan melestaraikan lingkungan untuk kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
|
2
|
2.1 Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau fenomena hidrosfer berdasarkan hasil observasi di lingkungannya
|
2.1.1 Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli menjaga keberlangsungan siklus hidrologi.
2.1.2 Memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif terhadap kelestarian perairan darat di lingkungannya
2.1.3 Memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif terhadap kelestarian perairan laut
2.1.4 Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif secara pribadi berperan aktif dalam menjaga kelestarian dan penanggulangan permasalahan hidrosfer di lingkungannya
|
3
|
3.1 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan tentang fenomena hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dimuka bumi
|
3.1.1 Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi
3.1.2 Mengidentifikasi dan menganalisis berbagai jenis perairan darat dan permasalahannya di lingkungan sekitar
3.1.3 Mengidentifikasi dan menganalisis berbagai jenis perairan laut dan permasalahannya
3.1.4 Menerapkan pengetahuan prosedural untuk menjaga dan mengatasi permasalahan perairan darat dan laut disekitarnya
|
4
|
4.1 Mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan hidrosfer di lingkungan sekitar
|
4.1.1 Mengolah dan menyajikan unsur-unsur utama siklus hidrologi dalam bentuk gambar
4.1.2 Mengolah dan menyajikan berbagai jenis perairan darat dan permasalahannya dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.3 Mengolah dan menyajikan berbagai jenis perairan lautdan permasalahannya dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.4 Mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan hidrosfer di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan hasil observasi lapangan.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan mensyukuri karakteristik dan tujuan siklus hidrologi sebagai anugerah Tuhan dalam keberlangsungan kehidupan dimuka bumi (Sungai di Taman Eden, Kejadian 2:10-14)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli menjaga keberlangsungan siklus hidrologi.
3. Setelah melihat dan mendiskusikan gambar siklus hidrologi siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi
4. Setelah mengetahui dan memahami unsur-unsur utama siklus hidrologi, siswa dapat mengolah dan menyajikan pembagian siklus hidrologi dalam bentuk gambar
Pertemuan 2
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan berbagai jenis perairan darat beserta manfaatnya sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga kelestariannya (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif terhadap kelestarian perairan darat di lingkungannya
3. Setelah melihat dan mendiskusikan peta rupa bumi, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai jenis perairan darat dan permasalahannya di lingkungan sekitar
4. Setelah mengetahui dan memahami jenis perairan darat dan permasalahannya, siswa dapat mengolah dan menyajikannya dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 3
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan perairan laut beserta manfaatnya sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga kelestariannya (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif terhadap kelestarian perairan laut
3. Setelah melihat dan mendiskusikan kondisi perairan laut indonesia, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai jenis perairan laut dan permasalahannya
4. Setelah mengetahui dan memahami jenis perairan laut dan permasalahannya, siswa dapat mengolah dan menyajikannya dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 4
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghayati dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata dan melestaraikan lingkungan untuk kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif secara pribadi berperan aktif dalam menjaga kelestarian dan penanggulangan permasalahan hidrosfer di lingkungannya
3. Setelah mendiskusikan permasalahan hidrosfer, siswa dapat menerapkan pengetahuan prosedural untuk menjaga dan mengatasi permasalahan perairan darat dan laut disekitarnya
4. Setelah mengetahui dan memahami upaya penyelesaian permasalahan hidrosfer, siswa dapat mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan hidrosfer di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan hasil observasi lapangan.
E. METODE PEMBELAJARAN
· Metode pembelajaran : STAD (Student Team Achievement Divisions)
· Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
· Model Pembelajaran : Project Based Learning (Penelitian Lingkungan)
F. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat : LCD, Laptop, Bahan presentasi
2. Sumber belajar :
a. Buku SMA/MA Geografi X CV Mediatama, karangan Suparmin, dkk, tahun 2013.
b. Peta RBI
c. Ensiklopedia Geografi.
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
e. Surat kabar dan internet.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam
· Guru mengajak siswa untuk berdoa
· Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap kelompok mendapatkan 1 lembar gambar siklus hidrologi dan anggota kelompok mendiskusikan tentang pembagian, komponen serta manfaat dalam kehidupan manusia.
Ø Menanya :
· Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
· Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa menggambar siklus hidrologi dan komponennya
Ø Mengasosiasi:
· Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam
· Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap kelompok mendapatkan 1 lembar peta RBI dan anggota kelompok mendiskusikan perairan darat sesuai dengan lembar pengamatan (slide power point).
Ø Menanya :
· Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
· Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa menggambar dan mengidentifikasi pola sungai pada RBI
Ø Mengasosiasi:
· Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa secara bersama sama menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
· Memberi tugas siswa.
|
15 menit
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam
· Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap kelompok mengamati video pembelajaran tentang laut dan permasalahannya kemudian anggota kelompok melakukan diskusi sesuai dengan lembar pengamatan (slide power point).
Ø Menanya :
· Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
· Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa menggambar zonasi laut indonesia
Ø Mengasosiasi:
· Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan 4
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam
· Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
|
10 menit
|
2.
|
Inti
|
· Persentasi tugas observasi (30 menit)
Ø Mengamati : observasi lapangan
Ø Menanya : observasi lapangan
Ø Mengumpulkan informasi: lapangan
Ø Mencoba : observasi lapangan
Ø Mengasosiasi: observasi lapangan
Ø Mengkomunikasikan:
· Beberapa siswa diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil obserfasi lapangan tentang permasalahan perairan sekitar
· Siswa yang lain menanggapi.
· Guru mengadakan UKD (40 menit)
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
10 menit
|
v REFLEKSI
1. Air adalah anugrah Tuhan (Kejadian 2:10-14)
Sejak pertama kali bumi diciptakan, Tuhan telah memperlengkapinya dengan segala apa yang diperlukan oleh Adam untuk dapat bertahan hidup bahkan dengan segala kelimpahan. Air sebagai salah satu faktor penting kehidupan juga telah Tuhan sediakan di taman eden. Di taman eden mengalir 4 sungai yaitu Pison, Gihon, Eufrat dan Tigris sebagai sumber air di taman tersebut. Tanpa air maka makhluk hidup akan mati sehingga kita harus bersyukur kepada Tuhan.
2. Menyebutkan manfaat air.
Air sangat besar manfaatnya sejak zaman manusia pertama Adam. Pada masa para nabi pun air digunakan sebagai sarana babtis sebagai wujud ibadah, pensucian diri dan perjanjian dengan Allah. Bahkan Tuhan menghukum dunia pernah juga menggunakan air bah pada masa Nabi Nuh. Pada masa sejarahwan, Herodotus menyebut “Mesir sebagai hadiah Sungai Nil” karena peradapan manusia selalu berada disekitar sungai besar. Begitupun saat ini manfaat air sangat fital pada kehidupan kita.
3. Munculnya permasalahan hidrosfer: pencemaran, banjir, kekeringan dll
Kegagalan manusia dalam melakukan perintah Allah untuk melestarikan alam (Kejadian 2:15) menyebabkan bencana alam seringkali terjadi. Kita harus melakukan refleksi diri tentang apa yang telah manusia lakukan sehingga bencana alam terjadi. Penebangan hutan secara liar, eksploitasi SDA secara berlebihan telah menyebabkan alam kita rusak sehingga alam tidak seimbang dan terjadi bencana alam.
4. Perintah menjaga alam (Kejadian 2: 15)
Keluaran 2:15 “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” Sama halnya seperti taman eden, bumi merupakan tempat tinggal kita yang harus kita pelihara kelestariannya.
5. Menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes dalam melestarikan lingkungan.
Manusia sebagai wakil Allah di dunia harus menjadi pelaku perubahan positif untuk mengembalikan kondisi bumi yang telah rusak kembali seimbang. Perubahan dapat dimulai dari diri sendiri pada lingkungan sekitar kita dengan melakukan Aksi tidak hanya teori.
v AKSI
Aksi yang dapat diakukan siswa antara lain:
1. Tidak membuang sampah atau limbah ke sungai
2. Melakukan reboisasi
3. Membuat lubang biopori
4. Pemeliharaan DAS
5. Aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
No
|
Tagihan
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
Kemampuan berdiskusi
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
2
|
Kemampuan praktikum
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
3
|
Kemampuan persentasi
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
4
|
Laporan Observasi
|
Penilaian produk
|
Lembar penilaian produk
|
5
|
UKD
|
Tes tertulis
|
Essay-lembar jawaban tes tulis
|
Ø PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
| ||||
3.
|
Peduli
| ||||
4.
|
Responsif
| ||||
5.
|
Santun
|
Ø TUGAS DISKUSI
Pertemuan 1
1. Jelaskan pengertian, pembagian dan komponen siklus hidrologi!
2. Jelaskan siklus hidrologi sebagai anugerah Tuhan yang harus disyukuri dan dijaga kelestariannya!
Hidrosfer dari kata hidros = air dan aphere = lapisan Jadi hidrosfer adalah lapisan air yang menyelimuti bumi. Hidrosfer adalah lapisan air atau semua bentuk air yang ada di bumi, baik yang berbentuk padat, cair atau gas (uap).air di bumi memiliki jumlah tetap karena adanya sirkulasi air (siklus hidrologi).
Siklus air dibedakan menjadi 3 macam yaitu,
1. Siklus kecil = air laut – penguapan – mengkondensasi – awan – hujan di laut
2. Siklus sedang = air laut – penguapan – kondensasi – angin – awan - hujan di daratan – sungai – laut
3. Siklus besar = air laut – penguapan – sublimasi – kristal-kristal es – angin – salju – gletser – sungai - laut
Komponen: Evaporasi,Transpirasi, Kondensasi, Presipitasi, Sublimasi, Run off, Infiltrasi, Perkolasi
Soal no 2masuk materi refleksi lampiran
Pertemuan 2
Perintah: Isilah data berikut berdasarkan pengamatan peta RBI!
1) SUNGAI (Identifikasi minimal 2 sungai )
Nama Sungai : ……..
Pola Aliran : Dendritik/Trelis/…. + Gambar Pola
Lokasi Sungai : Hulu/Tengah/Hilir
Meander : Ada/Tidak Ada + Gambar Meander
Delta : Ada/Tidak Ada
Penggunan lahan skitar : ……..
Manfaat Sungai : ……..
2) DANAU
Nama Danau : ……..
Jenis Danau : Tektonik/Vulkanik/Bendungan/… + Alasan…..
Manfaat Danau : ……..
Lokasi Administrasi : ……..
3) RAWA
Jenis Rawa : Air Asin/Payau/Tawar
Lokasi Administrasi : ……..
4) Sebutkan dan jelaskan berbagai permasalahan perairan darat disekitar tempat tinggalmu! Misal: Pencemaran Sungai/Danau, Pendangkalan Sungai dll
5) Kegagalan manusia dalam melakukan perintah Allah untuk melestarikan alam (Kejadian 2:15) menyebabkan bencana alam seringkali terjadi. Apa yang harus kita lakukan sebagai wujud respon terhadap bencana yang terjadi?
Ø TUGAS INDIVIDU
Amati 1 permasalahan perairan darat disekitar rumahmu (Sungai/Danau/Rawa/Saluran Air)
Foto permasalahan tersebut dan Foto kamu di lokasi (Jadi minimal 2 foto)
Print dan beri analisis, meliputi:
- 5W1H: Apa, Dimana, Kapan, Mengapa, Siapa, Bagaimana
- Dampak terhadap lingkungan
- Penanggulangannya
• Tujuan Tugas: Siswa dilatih menjadi Geograf yang peka terhadap permasalahan lingkungan sekitar dan menekankan pandangan kristiani sebagai acuannya.
Pertemuan 3
Perintah: Isilah data berikut berdasarkan pengamatan video pembelajaran tentang laut!
1) Jelaskan pembagian laut berdasarkan proses terjadinya!
2) Jelaskan pembagian laut berdasarkan kedalamannya!
3) Jelaskan mengapa air laut asin!
4) Jelaskan relief dasar laut! Paparan benua, Lereng benua, Palung laut, Lubuk laut!
5) Jelaskan apa yang harus kita lakukan sebagai wujud syukur kita terhadap kondisi kelautan Indonesia!
Jawaban no 1-4 merupakan materi, no 5 masuk pada lampiran refleksi
Pertemuan 4
Agenda: Persentasi tugas observasi lapangan dan UKD Hidrosfer
Ø UJIAN KD
Soal UKD Hidrosfer:
1. Jelaskan perbedaan proses Siklus Hidrologi Kecil, Sedang dan Besar disertai gambarnya!
2. Apakah perbedaan Evaporasi, Transpirasi dan Evapotranspirasi!
3. Apakah perbedaan air tanah dangkal dan air tanah dalam!
4. Gambarlah pola sungai berikut: Radial Sentripetal, Radial Sentrifugal, Rectanguler dan Dendritik!
5. Jelaskan salah satu permasalahan perairan darat yang kamu ketahui!
6. Jelaskan pembagian laut berdasarkan proses terjadinya!
7. Jelaskan pembagian laut berdasarkan kedalamannya!
8. Jelaskan mengapa air laut asin!
9. Jelaskan relief dasar laut berikut: Paparan benua, Lereng benua, Palung laut, Lubuk laut!
10. Jelaskan dengan gambar batas perairan laut Indonesia berupa Laut Teritorial, Landas Kontinental dan Zona Ekonomi Ekslusif!
Kunci jawaban UKD Hidrosfer:
1. 1. Siklus kecil = air laut – penguapan – mengkondensasi – awan - hujan
2. Siklus sedang = air laut – penguapan – kondensasi – angin – awan - hujan di daratan – sungai – laut
3. Siklus besar = air laut – penguapan – sublimasi – kristal-kristal es – angin – salju – gletser – sungai - laut
2. Evaporasi yaitu proses berubahnya zat cair menjadi uap air
Transpirasi yaitu penguapan air dari tumbuh-tumbuhan melalui pori-pori daun (stomata)
Evapotranspirasi yatu gabungan evaporasi dan transpirasi
3. a. Air tanah dangkal (air freatik / preatis)adalah air tanah yang terdapat di atas lapisan yang tak tembus air (impermeable)
b. Air tanah dalam (air artesis) adalah air tanah yang terdapat pada lapisan tembus air, yang terletak di antara dua lapisan batuan yang tembus air
4. Pola aliran sungai
No
|
Pola Aliran
|
Keterangan
|
Gambar
|
1
|
Radial sentripetal
|
Pola aliran yang memusat ke suatu daerah (cekungan)
| |
2
|
Radial sentrifigal
|
Pola aliran yang menyebar dar suatu puncak ke arah lereng
| |
3
|
Rectangular
|
Membentuk sudut tegak lurus di daerah patahan
| |
4
|
Dendritik
|
Membentuk susunan seperti tulang daun
|
5. Masalah perairan darat
Apa : Bencana banjir
Dimana : Kota Surakarta
Kapan : Musim penghujan, Studi kasus banjir 27 Desember 2007
Mengapa : Luapan Bengawan Solo
Siapa : Warga Surakarta
Bagaimana : Pada tanggal 26 Desember 2007 curah hujan yang tinggi di hulu Bengawan Solo (mencapai 124 mm/hari) menyebabkan bencana banjir di daerah yang dilalui Bengawan Solo.
6. 1. Laut transgresi – terjadi karena tergenangnya suatu dataran rendah akibat naiknya permukaan laut karena mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan bumi.
2. Laut ingresi – terjadi karena turunnya dasar laut akibat pengaruh tenaga endogen
3. Laut regresi – laut yang menyempit dan terjadi pada masa diluvium atau karena proses sedimentasi di bawah sungai
7. 1. Zona litoral yaitu antara garis air surut dengan air pasang
2. Zona neritik yaitu wilayah laut kedalaman 0 – 200 m
3. Zona batial yaitu wilayah laut kedalaman 200-1000 m
4. Zona abisal yaitu wilayah laut kedalaman lebih dari 1000 m
8. Karena tanah mengandung garam mineral yang terlarut bersamaan air sungai dan ombak yang mengikis batuan pantai terakumulasi di laut
9. 1. Paparan benua / continental shelf, merupakan dasar laut dangkal dengan kedalaman < 200m dari permukaan laut dan kemiringan tidak lebih 1.
2. Lereng benua / continental slope, merupakan wilayah dasar laut yang terletak di tepi paparan benua dengan kemiringan lereng sekitar 5 dan kedalaman 200 m – 1800 m.
3. Palung laut / trench, merupakan wilayah dasar laut yang sangat dalam, sempit dan memanjang.
4. Lubuk laut / basin, merupakan wilayah dasar laut yang berupa cekungan dengan kedalaman sampai 200 m di bawah permukaan laut.
10. 1. Batas Laut Teritorial – garis khayal yang berjarak 12 mil dari garis dasar ke arah laut bebas.
2. Batas Landas Kontinental – dasar laut yang secara geologis dan morfologis merupakan kelanjutan dari sebuah benua dan kedalaman lautnya < 150 m dan selebar 200 mil.
3. Batas ZEE / Zone Ekonomi Ekslusif – laut selebar 200 mil ke arah laut bebas, diukur dari garis dasar.
Pedoman Penilaian. :
a. Setiap nomor kalau benar diberi skor 4
Jumlah skor maksimal 4x 10 = 40
b. Penilaian Kinerja.
Lembar Pengamatan diskusi, persentasi, praktikum
Rubrik kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
| ||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Tole
ransi
|
Keaktif
an
|
Menghar
gai pendapat teman
| |||||
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
| |||||
Komu
nikasi
|
Sistema
tika penyam paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan penampilan
| |||||
Rubrik Penilaian Praktikum
No.
|
Nama Siswa
|
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan hasil
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
| |||||||
Alat
|
bahan
|
Keakuratan data
|
Kelengkapan data
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
Sistematika
|
Bahasa
|
Ejaan
|
Lampiran
| |||||
Rubrik Penilaian Laporan Observasi
No.
|
Nama Siswa
|
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan hasil
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
| |||||||
Latar belakang
|
Rumusan masalah
|
Keakuratan data
|
Kelengkapan data
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
Sistematika
|
Bahasa
|
Ejaan
|
Lampiran
| |||||
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 4 : Baik Sekali
B = 3 : Baik
C = 2 : Cukup
D = 1 : Kurang
Mengetahui, Sukoharjo,24 Juni 2014
Kepala Sekolah Guru Mapel Geografi
Kristanto, S.Pd.
1 komentar:
mantabs pak guru
Post a Comment