Image Widget

Image Widget

Belajar Geografi SMA

Menyajikan berbagai materi dan perangkat pembelajaran Geografi serta pembahasan latihan soal UN dan Olimpiade. Kami juga melayani pembelian peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:25,000 dan pembuatan peta digital untuk mahasiswa S1, S2, instansi maupun umum. Terima kasih (Belajargeografisma@gmail.co.id)

RPP KURIKULUM 2013 (K13) HAKEKAT GEOGRAFI

Thursday, 27 October 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SMA………………….
Mata Pelajaran          :  Geografi
Peminatan                  :  IIS
Kelas /Semester         :  X  / 1
Tahun Pelajaran       :  2014/2015
Materi  Pokok            :  Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam
    kehidupan sehari - hari
Alokasi Waktu           :  12 X 45 Menit


A. Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.






B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1  Menghargai dan mensyukuri hakekat geografi sebagai bagian dari mematuhi perintah Allah

1.1.1    Mengidentifikasi dan mensyukuri konsep esensial geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.2    Mengidentifikasi dan mensyukuri obyek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.3    Mengidentifikasi dan mensyukuri prinsip geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.4    Mengidentifikasi dan mensyukuri pendekatan geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.5    Mengidentifikasi dan mensyukuri aspek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.6    Menghayati dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan menata dan melestaraikan lingkungan demi kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
2
2.1       Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif  dan proaktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya

2.1.1    Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan konsep esensial geografi.
2.1.2    Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam memahami obyek studi geografi.
2.1.3    Memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan prinsip geografi.
2.1.4    Memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan pendekatan geografi.
2.1.5    Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan aspek geografi.
2.1.6    Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif  dan proaktif secara pribadi berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungannya
3
3.1       Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1    Mengidentifikasi dan menganalisis konsep esensial geografi dan terapannya
3.1.2    Mengidentifikasi dan menganalisis obyek studi geografi dan terapannya
3.1.3    Mengidentifikasi dan menganalisis prinsip geografi dan terapannya
3.1.4    Mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan geografi dan terapannya
3.1.5    Mengidentifikasi dan menganalisis aspek geografi dan terapannya
3.1.6    Menerapkan  pengetahuan prosedural  untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.
4
4.1 Mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
4.1.1    Mengolah dan menyajikan konsep esensial geografi dalam bentuk bagan dan tabel
4.1.2    Mengolah dan menyajikan obyek studi geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.3    Mengolah dan menyajikan prinsip geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.4    Mengolah dan menyajikan pendekatan geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.5    Mengolah dan menyajikan aspek geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.6    Mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan lingkungan sekitar dalam bentuk laporan hasil observasi lapangan.


C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan mensyukuri konsep esensial geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki miliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan konsep esensial geografi.
3.      Setelah melihat dan mendiskusikan gambar siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis konsep esensial geografi dan terapannya
4.      Setelah mengetahui dan memahami konsep esensial geografi, siswa dapat mengolah dan menyajikan konsep esensial geografi dalam bentuk bagan dan tabel
Pertemuan 2
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan mensyukuri obyek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam memahami obyek studi geografi.
3.      Setelah melihat dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis obyek studi geografi dan terapannya
4.      Setelah mengetahui dan memahami obyek studi geografi, siswa dapat mengolah dan menyajikan obyek studi geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 3
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan mensyukuri prinsip geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan prinsip geografi.
3.      Setelah melihat dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis prinsip geografi dan terapannya
4.      Setelah mengetahui dan memahami prinsip geografi, siswa dapat mengolah dan menyajikan prinsip geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 4
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri pendekatan geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan pendekatan geografi.
3.      Setelah melihat dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan geografi dan terapannya
4.      Setelah mengetahui dan memahami pendekatan geografi, siswa dapat mengolah dan menyajikan pendekatan geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 5
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan mensyukuri aspek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan aspek geografi.
3.      Setelah melihat dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis aspek geografi dan terapannya
4.      Setelah mengetahui dan memahami jenis perairan laut dan permasalahannya, siswa dapat mengolah dan menyajikan aspek geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 6
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghayati dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes di bumi dengan menata dan melestaraikan lingkungan demi kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif  dan proaktif secara pribadi berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungannya
3.      Setelah mendiskusikan hakekat geografi, siswa dapat menerapkan  pengetahuan prosedural  untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.
4.      Setelah mengetahui dan memahami hakekat geografi, siswa dapat mengolah, menyajikan dan mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan lingkungan sekitar dalam bentuk laporan hasil observasi lapangan.
  
D.       MATERI PEMBELAJARAN   Materi Hakekat: disini   
M











 














E.            METODE PEMBELAJARAN
·           Metode pembelajaran          :   STAD (Student Team Achievement Divisions)
·           Pendekatan Pembelajaran   :    Saintifik
·           Model Pembelajaran            :   Project Based Learning (Penelitian Lingkungan)

F.            ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Alat                          :  LCD, Laptop, Bahan presentasi
2.      Sumber belajar         :
a.       Buku SMA/MA Geografi X CV Mediatama, karangan Suparmin, dkk, tahun 2013.
b.      Peta RBI
c.       Ensiklopedia Geografi.
d.      Kamus Besar Bahasa Indonesia.
e.       Surat kabar dan internet.
G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
·   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
15 menit
2.
Inti
Ø  Mengamati :
·   Setiap kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh konsep geografi
·   Anggota kelompok mendiskusikan tentang perbedaan berbagai konsep geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø  Menanya :
·   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
·   Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø  Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang konsep geografi dari berbagai sumber
Ø  Mencoba
·    Siswa memilih penerapan konsep geografi melalui studi kasus dalam bentuk tabel
Ø  Mengasosiasi:
·   Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
·   Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
·    Siswa yang lain menanggapi.
60 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
15 menit


Pertemuan 2
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing­-masing.
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
·   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
15 menit
2.
Inti
Ø  Mengamati :
·   Setiap kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek  geografi
·   Anggota kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø  Menanya :
·   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
·   Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø  Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang obyek geografi dari berbagai sumber
Ø  Mencoba
·    Siswa mengidentifikasi dan menggambar bagan perbedaan obyek geografi
Ø  Mengasosiasi:
·   Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
·   Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
·    Siswa yang lain menanggapi.
60 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa secara bersama sama menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
·   Memberi tugas siswa.
15 menit


Pertemuan 3
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing­-masing.
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
·   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
15 menit
2.
Inti
Ø  Mengamati :
·   Setiap kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh prinsip geografi
·   Anggota kelompok mendiskusikan tentang perbedaan berbagai prinsip geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø  Menanya :
·   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
·   Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø  Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang prinsip geografi dari berbagai sumber
Ø  Mencoba
·    Siswa membuat tabel perbedaan prinsip geografi
Ø  Mengasosiasi:
·   Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
·   Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
·    Siswa yang lain menanggapi.
60 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
15 menit


Pertemuan 4
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing­-masing.
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
·   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
15 menit
2.
Inti
Ø  Mengamati :
·   Setiap kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek  geografi
·   Anggota kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø  Menanya :
·   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
·   Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø  Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai sumber
Ø  Mencoba
·    Siswa menggambar zonasi laut indonesia
Ø  Mengasosiasi:
·   Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
·   Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
·    Siswa yang lain menanggapi.
60 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
15 menit


Pertemuan 5
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing­-masing.
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
·   Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
15 menit
2.
Inti
Ø  Mengamati :
·   Setiap kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek  geografi
·   Anggota kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø  Menanya :
·   Guru memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar pengamatan.
·   Ketua kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø  Mengumpulkan informasi
·    Siswa mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai sumber
Ø  Mencoba
·    Siswa menggambar zonasi laut indonesia
Ø  Mengasosiasi:
·   Siswa melakukan diskusi kelompok (40 menit)
·   Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
·    Siswa yang lain menanggapi.
60 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
15 menit


Pertemuan 6
No
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam
·   Guru mengajak siswa untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing­-masing.
·   Guru mengajak siswa untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun kepada guru)
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan sedikit mengulas materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
10 menit
2.
Inti
·   Persentasi tugas observasi (30 menit)
Ø  Mengamati : observasi lapangan
Ø  Menanya : observasi lapangan
Ø  Mengumpulkan informasi: lapangan
Ø  Mencoba : observasi lapangan
Ø  Mengasosiasi: observasi lapangan
Ø  Mengkomunikasikan:
·   Beberapa siswa diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil obserfasi lapangan tentang permasalahan perairan sekitar
·    Siswa yang lain menanggapi.
·   Guru mengadakan UKD (40 menit)
70 menit
3.
Penutup
·   Peserta didik mengumpulkan kertas kerja.
·   Siswa bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
10 menit


v  REFLEKSI
1.      Mengetahui hakekat geografi sebagai bagian dari mematuhi perintah Allah.
Allah itu Maha Benar maka segala sesuatu yang mengajarkan kebenaran pastilah berkenan di hati Allah. Materi hakekat geografi ini mengajarkan kepada siswa untuk selalu menjaga lingkungan dengan berbagai studi kasus yang ada berdasarkan konsep, obyek, prinsip, pendekatan dan aspek geografi yang dipelajari.
2.      Mengetahui hubungan timbal balik manusia dengan alam. Perintah menjaga alam (Kejadian 2: 15)  “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” Sama halnya seperti taman eden, bumi merupakan tempat tinggal kita yang harus kita pelihara kelestariannya karena manusia membutuhkan alam untuk hidup. Ketika perbuatan manusia sudah tidaklagi sejalan dengan alam dan cenderung merusak alam maka bencanalah yang terjadi seperti banjir, tanah longsor dan lainnya.
3.      Menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes dalam melestarikan lingkungan.
Manusia sebagai wakil Allah di dunia harus menjadi pelaku perubahan positif untuk mengembalikan kondisi bumi yang telah rusak kembali seimbang. Perubahan dapat dimulai dari diri sendiri pada lingkungan sekitar kita dengan melakukan Aksi tidak hanya teori.
Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Kejadian 1:29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu

v  AKSI
Aksi yang dapat diakukan siswa antara lain:
1.      Menjaga kebersihan lingkungan
2.      Tidak membuang sampah  atau limbah ke sungai
3.      Melakukan reboisasi
4.      Membuat lubang biopori
5.      Pemeliharaan DAS
6.      Aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan
7.      Tidak merusak alam sekitar

H.           PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
No
Tagihan
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Kemampuan berdiskusi
Penilaian kinerja
Lembar penilaian dengan rubrik
2
Kemampuan praktikum
Penilaian kinerja
Lembar penilaian dengan rubrik
3
Kemampuan presentasi
Penilaian kinerja
Lembar penilaian dengan rubrik
4
Laporan Observasi
Penilaian produk
Lembar penilaian produk
5
UKD
Tes tertulis
Essay-lembar jawaban tes tulis

Ø  PENILAIAN SIKAP
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun


Ø  TUGAS DISKUSI
Pertemuan 1
  1. Transportasi di kota lebih maju dari di desa / 8
  2.  Bangunan rumah mengikuti alur jalan raya / 7
  3. Karena jembatan putus akibat banjir maka pemberian bantuan terhambat / 3
  4. Nelayan lebih sering pergi ke laut dari pada guru  / 6
  5. Rumah bagus akan berkurang nilainya bila berdekatan dengan kawasan industri / 1
  6. Para pekerja di Jakarta berasal dari Bogor, Tangerang, Bekasi / 9
  7. Harga sembako di Jawa lebih murah daripada di Irian jaya / 2
  8. Pasar Klewer, Beteng, PGS saling berdekatan  / 5
  9. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi  berkembang dalam hal industri / 10
  10. Adanya batuan kapur di Gunung Kidul / 4

KONSEP GEOGRAFI:
1.       Lokasi
2.       Jarak
3.       Keterjangkauan
4.       Morfologi
5.       Aglomerasi
6.       Nilai Kegunaan
7.       Pola
8.       Diferensiasi Areal
9.       Interaksi/Interpedensi
10.  Keterkaitan Keruangan

Pertemuan 2
1)      Jelaskan perbedaan geografi dengan ilmu lainnya berdasarkan obyek kajiannya! Apa yang menjadi cirri khas ilmu geografi!
Jawab: Obyek geografi terdiri atas obyek material dan formal. Obyek material sama dengan ilmu lainnya yaitu mempelajari semua yang ada di bumi (air, tanah, udara, batuan dll) yang membedakannya adalah obyek formal atau sudut pandang yang dipakai untuk mengkaji obyek material tersebut yaitu sudut pandang keruangan, ekologi dan kompleks wilayah.
Jadi Geografi meneliti segala fenomena di muka bumi (fisik dan non fisik) menggunakan Sudut Pandang Keruangan yang dipresentasikan dalam bentuk PETA
Contohnya Fenomena Mangrove
Biologi: Jenis dan klasifikasi mangrove
Ekologi: Manfaat mangrove untuk mencegah abrasi
Geografi: Peta persebaran mangrove

Pertemuan 3
1.      Jelaskan gambar dibawah ini termasuk prinsip geografi apa!


Pertemuan 4
1.      Berdasarkan pada Citra Ikonos berikut deskripsikan pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah yang berada di Surakarta!


Ø  TUGAS INDIVIDU
Amati 1 permasalahan lingkungan disekitar rumahmu
Foto permasalahan tersebut dan Foto kamu di lokasi (Jadi minimal 2 foto)
Print dan beri analisis keruangan, meliputi:
-       5W1H:  Apa, Dimana, Kapan, Mengapa, Siapa, Bagaimana
-       Dampak terhadap lingkungan
-       Penanggulangannya
    Tujuan Tugas: Siswa dilatih menjadi Geograf yang peka terhadap permasalahan lingkungan sekitar dan menekankan pandangan kristiani sebagai acuannya.

Pertemuan 5
1.      Berdasarkan video yang diputar, apa saja yang termasuk dalam aspek fisik dan aspek sosial geografi!

Pertemuan 6
Agenda: Presentasi tugas observasi lapangan dan UKD Hakekat geografi

Ø  UJIAN KD
Soal UKD Hidrosfer:
1.      Jelaskan makna kata Geografi!
2.      Jelaskan apa yang dipelajari Ilmu Geografi!
3.      Jelaskan ciri khas Ilmu Geografi yang membedakannya dengan ilmu lain!
4.      Jelaskan 5 Konsep Dasar Geografi menurut Gertrude Whipple!
5.      Jelaskan apa yang dimaksud Aliran Determinisme dan Possibilisme dalam perkembangan Geografi!
6.      Banjir adalah fenomena alam yang dapat dianalisis dengan 3 Pendekatan Geografi yaitu Keruangan, Ekologi dan Kompleks Wilayah. Jelaskan pembagian analisisnya masing-masing!
7.      Tsunami adalah fenomena alam yang dapat ditinjau dengan 4 Prinsib Geografi yaitu Persebaran, Interelasi, Deskripsi dan Korologi. Jelaskan pembagian masing-masing!
8.      Pilihlah contoh fenomena berikut termasuk Konsep Geografi apa!
CONTOH FENOMENA
1.      Kota pusat industri sedangkan desa pusat pertanian
2.      Bangunan rumah mengikuti alur jalan raya
3.      Karena jembatan putus akibat banjir bantuan terhambat
4.      Nelayan lebih sering pergi ke laut dari pada guru
5.      Rumah bagus akan berkurang nilainya bila berdekatan dengan pemakaman
6.      Para pekerja di Jakarta berasal dari Bogor, Tangerang, Bekasi
7.      Harga sembako di Jawa lebih murah daripada di Irian jaya
8.      Pasar Klewer, Beteng, PGS saling berdekatan
9.      Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi  berkembang dalam hal industri
10.  Adanya batuan kapur di Gunung Kidul
KONSEP GEOGRAFI:
a.          Lokasi
b.       Jarak
c.        Keterjangkauan
d.       Morfologi
e.        Aglomerasi
f.        Nilai Kegunaan
g.       Pola
h.       Diferensiasi Areal
i.         Interaksi/Interpedensi
j.         Keterkaitan Keruangan


9.      Jelaskan sebuah fenomena keruangan Geografi dengan analisis 5W1H, dampak lingkungan dan solusinya!

Kunci jawaban UKD Hidrosfer:
1.      Kata geografi berasal dari bahasa Yunani geo artinya bumi dan graphein artinya tulisan. Secara umum, geografi berarti tulisan tentang bumi. Istilah geografi pertama kali dikenalkan oleh Eratothenes dengan nama geographica.
2.      1. Geografi Fisis (physical geography) – mempelajari aspek fisik : batuan, mineral, relief, cuaca, iklim, air.
2. Geografi Manusia (human gepgraphy) – mempelajari aspek social : polotik, ekonomi dan  budaya.
3.      Obyek geografi terdiri atas obyek material dan formal. Obyek material sama dengan ilmu lainnya yaitu mempelajari semua yang ada di bumi (air, tanah, udara, batuan dll) yang membedakannya adalah obyek formal atau sudut pandang yang dipakai untuk mengkaji obyek material tersebut yaitu sudut pandang keruangan, ekologi dan kompleks wilayah. Jadi Geografi meneliti segala fenomena di muka bumi (fisik dan non fisik) menggunakan Sudut Pandang Keruangan yang dipresentasikan dalam bentuk PETA
Contohnya Fenomena Mangrove
Biologi: Jenis dan klasifikasi mangrove
Ekologi: Manfaat mangrove untuk mencegah abrasi
Geografi: Peta persebaran mangrove
4.      1. “The earth as a planet” (bumi sebagai suatu planet)
2. “Varied ways of living” (beranekaragam cara hidup)
3. “Varied natural region” (beranekaragam wilayah alam)
4. “The significance of region to man” (pentingnya kawasan alam bagi manusia)
5. “The importance of location in understanding world affairs” (pentingnya lokasi atau letak untuk  memahami)
5.      1. Aliran Determinisme yang mempercayai bahwa alam sangat menentukan kehidupan manusia, tokohnya Karl Ritther, Friederich dan Elsworth Huntington.
2. Aliran Possibilisme yang beranggapan bahwa manusia memiliki peluang besar untuk
    menentukan pola kehidupanya. Konsep ini dikenal dengan konsep Genre De Vie

  Pedoman Penilaian.            :
a.       Setiap nomor kalau benar diberi skor 4
Jumlah skor maksimal 4x 10 = 40
 






b.      Penilaian Kinerja.
              Lembar Pengamatan diskusi, presentasi, praktikum

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
.     Ket
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Tole
ransi
Keaktif
an
Menghar
gai pendapat teman










































Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komu
nikasi
Sistema
tika penyam paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan
















































Rubrik Penilaian Praktikum
No.
Nama Siswa
Persiapan
Pelaksanaan
Pelaporan hasil
Jumlah
Skor
Nilai
.      Ket
Alat
bahan
Keakuratan data
Kelengkapan data
Analisis
Kesimpulan
Sistematika
Bahasa
Ejaan
Lampiran

































































Rubrik Penilaian Laporan Observasi
No.
Nama Siswa
Persiapan
Pelaksanaan
Pelaporan hasil
Jumlah
Skor
Nilai
.      Ket
Latar belakang
Rumusan masalah
Keakuratan data
Kelengkapan data
Analisis
Kesimpulan
Sistematika
Bahasa
Ejaan
Lampiran

















































Keterangan Skor :      
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
          4  =   Baik Sekali
          3  =    Baik
          2  =    Cukup
          1  =   Kurang

                           ∑ Skor perolehan
Nilai     =                                                    X  4
                          Skor Maksimal

Kriteria Nilai
          A  =   4                :  Baik Sekali
          B  =   3                :  Baik
          C  =   2                :  Cukup
          D  =   1                :  Kurang


Mengetahui,                                                              Sukoharjo,24 Juni 2014
Kepala Sekolah                                                         Guru Mapel Geografi




                                                                                 Kristanto, S.Pd.

0 komentar:

Post a Comment