RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA………………….
Mata
Pelajaran : Geografi
Peminatan : IIS
Kelas
/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Materi Pokok :
Memahami pengetahuan dasar
geografi dan terapannya dalam
kehidupan
sehari - hari
Alokasi
Waktu : 12 X 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri hakekat geografi sebagai bagian dari mematuhi perintah Allah
|
1.1.1 Mengidentifikasi
dan mensyukuri konsep esensial geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.2 Mengidentifikasi
dan mensyukuri obyek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.3 Mengidentifikasi
dan mensyukuri prinsip geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.4 Mengidentifikasi
dan mensyukuri pendekatan geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.5 Mengidentifikasi
dan mensyukuri aspek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
1.1.6 Menghayati
dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent
of changes di bumi dengan menata dan melestaraikan lingkungan demi
kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
|
2
|
2.1
Memiliki perilaku disiplin, tanggung jawab,
peduli, responsif dan proaktif dalam menjaga
dan melestarikan lingkungannya
|
2.1.1 Memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan konsep
esensial geografi.
2.1.2 Memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam memahami obyek studi
geografi.
2.1.3 Memiliki
perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan prinsip
geografi.
2.1.4 Memiliki
perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan pendekatan
geografi.
2.1.5 Memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan aspek
geografi.
2.1.6 Memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif secara pribadi berperan aktif
dalam menjaga kelestarian lingkungannya
|
3
|
3.1
Memahami pengetahuan dasar geografi dan
terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1
Mengidentifikasi dan menganalisis konsep esensial geografi dan
terapannya
3.1.2
Mengidentifikasi dan menganalisis obyek studi geografi dan terapannya
3.1.3
Mengidentifikasi dan menganalisis prinsip geografi dan terapannya
3.1.4
Mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan geografi dan terapannya
3.1.5
Mengidentifikasi dan menganalisis aspek geografi dan terapannya
3.1.6
Menerapkan pengetahuan
prosedural untuk menjaga dan melestarikan
lingkungan sekitar.
|
4
|
4.1 Mengolah, menyajikan
dan mempraktikkan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam
bentuk tulisan
|
4.1.1
Mengolah dan menyajikan konsep esensial geografi dalam bentuk bagan dan tabel
4.1.2
Mengolah dan menyajikan obyek studi geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.3
Mengolah dan menyajikan prinsip geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.4
Mengolah dan menyajikan pendekatan geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.5
Mengolah dan menyajikan aspek geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
4.1.6
Mengolah, menyajikan dan mempraktikkan
pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan lingkungan sekitar dalam bentuk
laporan hasil observasi lapangan.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi
dan mensyukuri konsep esensial geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
miliki perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan konsep
esensial geografi.
3. Setelah melihat dan
mendiskusikan gambar siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis konsep esensial geografi dan terapannya
4. Setelah
mengetahui dan memahami konsep esensial geografi, siswa dapat mengolah dan
menyajikan konsep esensial
geografi dalam bentuk bagan dan tabel
Pertemuan 2
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi
dan mensyukuri obyek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam memahami obyek studi
geografi.
3. Setelah melihat
dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis obyek studi geografi
dan terapannya
4. Setelah
mengetahui dan memahami obyek
studi geografi, siswa dapat mengolah dan menyajikan obyek studi geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 3
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi
dan mensyukuri prinsip geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan prinsip
geografi.
3. Setelah melihat
dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis prinsip geografi dan
terapannya
4. Setelah
mengetahui dan memahami prinsip
geografi, siswa
dapat mengolah dan menyajikan prinsip
geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 4
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri pendekatan geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
perilaku tanggung jawab, peduli dan responsif dalam menerapkan pendekatan
geografi.
3. Setelah melihat
dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis pendekatan geografi dan
terapannya
4. Setelah
mengetahui dan memahami pendekatan
geografi, siswa
dapat mengolah dan menyajikan pendekatan
geografi dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 5
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi
dan mensyukuri aspek geografi sebagai anugerah Tuhan (Kejadian 2:15)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam menerapkan aspek geografi.
3. Setelah melihat
dan mendiskusikan video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis aspek geografi dan
terapannya
4. Setelah
mengetahui dan memahami jenis
perairan laut dan permasalahannya, siswa dapat mengolah dan
menyajikan aspek geografi
dalam bentuk laporan hasil diskusi
Pertemuan 6
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghayati
dan menerapkan jati diri manusia sebagai agent
of changes di bumi dengan menata dan melestaraikan lingkungan demi
kemuliaan nama Tuhan (Kejadian 1:28-29)
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memiliki
perilaku disiplin, tanggung jawab, peduli, responsif dan proaktif secara pribadi berperan aktif
dalam menjaga kelestarian lingkungannya
3. Setelah mendiskusikan
hakekat geografi, siswa dapat menerapkan pengetahuan prosedural untuk menjaga dan melestarikan lingkungan
sekitar.
4. Setelah
mengetahui dan memahami hakekat geografi, siswa dapat mengolah, menyajikan dan
mempraktikkan pengetahuan upaya penyelesaian permasalahan lingkungan sekitar
dalam bentuk laporan hasil observasi lapangan.
E.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Metode pembelajaran : STAD
(Student Team Achievement Divisions)
·
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
·
Model Pembelajaran :
Project Based Learning (Penelitian Lingkungan)
F.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat : LCD, Laptop, Bahan presentasi
2.
Sumber belajar :
a.
Buku SMA/MA Geografi X CV Mediatama, karangan Suparmin, dkk, tahun 2013.
b.
Peta RBI
c.
Ensiklopedia Geografi.
d.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
e.
Surat kabar dan internet.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan
santun kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas
materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap
kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh konsep geografi
· Anggota
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan berbagai konsep geografi dalam
kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø Menanya :
· Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar
pengamatan.
· Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa
mengumpulkan informasi tentang konsep geografi dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa
memilih penerapan konsep geografi melalui studi kasus dalam bentuk tabel
Ø Mengasosiasi:
· Siswa
melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap
kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan
2
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan
santun kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas
materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap
kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek geografi
· Anggota
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal
geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi
kasus.
Ø Menanya :
· Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar
pengamatan.
· Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa
mengumpulkan informasi tentang obyek geografi dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa
mengidentifikasi dan menggambar bagan perbedaan obyek geografi
Ø Mengasosiasi:
· Siswa
melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap
kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
secara bersama sama menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah
dibahas.
· Memberi
tugas siswa.
|
15 menit
|
Pertemuan
3
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan
santun kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas
materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap
kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh prinsip geografi
· Anggota
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan berbagai prinsip geografi dalam
kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi kasus.
Ø Menanya :
· Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar
pengamatan.
· Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa
mengumpulkan informasi tentang prinsip geografi dari berbagai sumber
Ø Mencoba
· Siswa
membuat tabel perbedaan prinsip geografi
Ø Mengasosiasi:
· Siswa
melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap
kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan
4
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan
santun kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas
materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap
kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek geografi
· Anggota
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal
geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi
kasus.
Ø Menanya :
· Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar
pengamatan.
· Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa
mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai
sumber
Ø Mencoba
· Siswa
menggambar zonasi laut indonesia
Ø Mengasosiasi:
· Siswa
melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap
kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan
5
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun
kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point dan sedikit mengulas
materi sebelumnya (Apersepsi dan Motivasi)
· Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok (1 kelompok maksimal 4 siswa)
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Ø Mengamati :
· Setiap
kelompok mengamati gambar dan video tentang contoh obyek geografi
· Anggota
kelompok mendiskusikan tentang perbedaan obyek material dengan obyek formal
geografi dalam kehidupan manusia dan penerapannya melalui beberapa studi
kasus.
Ø Menanya :
· Guru
memanggil ketua kelompok dan memberi penjelasan cara mengisi lembar
pengamatan.
· Ketua
kelompok kembali ke kelompok masing - masing dan memandu diskusi kelompoknya.
Ø Mengumpulkan informasi
· Siswa
mengumpulkan informasi tentang siklus hidrologi dan komponennya dari berbagai
sumber
Ø Mencoba
· Siswa
menggambar zonasi laut indonesia
Ø Mengasosiasi:
· Siswa
melakukan diskusi kelompok (40 menit)
· Setiap
kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusi pada kertas kerja.
Ø Mengkomunikasikan:
· Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil diskusi.
· Siswa yang lain menanggapi.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
15 menit
|
Pertemuan
6
No
|
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberikan salam
· Guru mengajak siswa
untuk berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
· Guru mengajak siswa
untuk saling bertegur sapa dan menanyakan kabar hari ini. (Rasa hormat dan santun
kepada guru)
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan sedikit mengulas materi sebelumnya
(Apersepsi dan Motivasi)
|
10 menit
|
2.
|
Inti
|
· Persentasi
tugas observasi (30 menit)
Ø Mengamati : observasi
lapangan
Ø Menanya : observasi
lapangan
Ø Mengumpulkan informasi: lapangan
Ø Mencoba : observasi
lapangan
Ø Mengasosiasi: observasi
lapangan
Ø Mengkomunikasikan:
· Beberapa
siswa diberi kesempatan untuk mempretasikan hasil obserfasi lapangan tentang
permasalahan perairan sekitar
· Siswa yang lain menanggapi.
· Guru
mengadakan UKD (40 menit)
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
|
· Peserta
didik mengumpulkan kertas kerja.
· Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dan refleksi materi yang sudah dibahas.
|
10 menit
|
v REFLEKSI
1.
Mengetahui hakekat geografi sebagai bagian
dari mematuhi perintah Allah.
Allah itu Maha
Benar maka segala sesuatu yang mengajarkan kebenaran pastilah berkenan di hati
Allah. Materi hakekat geografi ini mengajarkan kepada siswa untuk selalu
menjaga lingkungan dengan berbagai studi kasus yang ada berdasarkan konsep,
obyek, prinsip, pendekatan dan aspek geografi yang dipelajari.
2.
Mengetahui hubungan timbal balik manusia
dengan alam. Perintah menjaga alam (Kejadian 2: 15) “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan
menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.”
Sama halnya seperti taman eden, bumi merupakan tempat tinggal kita yang harus
kita pelihara kelestariannya karena manusia membutuhkan alam untuk hidup.
Ketika perbuatan manusia sudah tidaklagi sejalan dengan alam dan cenderung
merusak alam maka bencanalah yang terjadi seperti banjir, tanah longsor dan
lainnya.
3.
Menerapkan jati diri manusia sebagai agent of changes dalam melestarikan
lingkungan.
Manusia sebagai
wakil Allah di dunia harus menjadi pelaku perubahan positif untuk mengembalikan
kondisi bumi yang telah rusak kembali seimbang. Perubahan dapat dimulai dari
diri sendiri pada lingkungan sekitar kita dengan melakukan Aksi tidak hanya
teori.
Kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:
"Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu,
berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala
binatang yang merayap di bumi." Kejadian 1:29 Berfirmanlah Allah:
"Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di
seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi
makananmu
v AKSI
Aksi yang dapat diakukan siswa
antara lain:
1. Menjaga
kebersihan lingkungan
2. Tidak
membuang sampah atau limbah ke sungai
3. Melakukan
reboisasi
4. Membuat
lubang biopori
5. Pemeliharaan
DAS
6. Aktif
dalam kegiatan pelestarian lingkungan
7. Tidak
merusak alam sekitar
H.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
No
|
Tagihan
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1
|
Kemampuan berdiskusi
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
2
|
Kemampuan praktikum
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
3
|
Kemampuan presentasi
|
Penilaian kinerja
|
Lembar penilaian dengan rubrik
|
4
|
Laporan Observasi
|
Penilaian produk
|
Lembar penilaian produk
|
5
|
UKD
|
Tes tertulis
|
Essay-lembar jawaban tes tulis
|
Ø PENILAIAN SIKAP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan
dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
Ø
TUGAS DISKUSI
Pertemuan 1
|
KONSEP
GEOGRAFI:
1.
Lokasi
2.
Jarak
3.
Keterjangkauan
4.
Morfologi
5.
Aglomerasi
6.
Nilai Kegunaan
7.
Pola
8.
Diferensiasi Areal
9.
Interaksi/Interpedensi
10. Keterkaitan Keruangan
|
Pertemuan 2
1)
Jelaskan
perbedaan geografi dengan ilmu lainnya berdasarkan obyek kajiannya! Apa yang
menjadi cirri khas ilmu geografi!
Jawab: Obyek
geografi terdiri atas obyek material dan formal. Obyek material sama dengan
ilmu lainnya yaitu mempelajari semua yang ada di bumi (air, tanah, udara,
batuan dll) yang membedakannya adalah obyek formal atau sudut pandang yang
dipakai untuk mengkaji obyek material tersebut yaitu sudut pandang keruangan,
ekologi dan kompleks wilayah.
Jadi Geografi meneliti segala fenomena di muka bumi (fisik dan non fisik)
menggunakan Sudut Pandang Keruangan yang dipresentasikan dalam bentuk PETA
Contohnya Fenomena Mangrove
Biologi: Jenis dan klasifikasi mangrove
Ekologi: Manfaat mangrove untuk mencegah abrasi
Geografi: Peta persebaran mangrove
Pertemuan 3
1.
Jelaskan
gambar dibawah ini termasuk prinsip geografi apa!
Pertemuan 4
1.
Berdasarkan pada Citra Ikonos berikut deskripsikan
pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah yang berada di Surakarta!
Ø
TUGAS INDIVIDU
Amati 1
permasalahan lingkungan disekitar rumahmu
Foto
permasalahan tersebut dan Foto kamu di lokasi (Jadi minimal 2 foto)
Print dan beri
analisis keruangan, meliputi:
-
5W1H: Apa, Dimana, Kapan, Mengapa, Siapa, Bagaimana
-
Dampak
terhadap lingkungan
-
Penanggulangannya
•
Tujuan
Tugas: Siswa dilatih menjadi Geograf yang peka terhadap permasalahan lingkungan
sekitar dan menekankan pandangan kristiani sebagai acuannya.
Pertemuan 5
1.
Berdasarkan
video yang diputar, apa saja yang termasuk dalam aspek fisik dan aspek sosial
geografi!
Pertemuan 6
Agenda:
Presentasi tugas observasi lapangan dan UKD Hakekat geografi
Ø
UJIAN KD
Soal UKD
Hidrosfer:
1. Jelaskan
makna kata Geografi!
2. Jelaskan
apa yang dipelajari Ilmu Geografi!
3. Jelaskan
ciri khas Ilmu Geografi yang membedakannya dengan ilmu lain!
4. Jelaskan
5 Konsep Dasar Geografi menurut Gertrude Whipple!
5. Jelaskan
apa yang dimaksud Aliran Determinisme dan Possibilisme dalam perkembangan
Geografi!
6. Banjir
adalah fenomena alam yang dapat dianalisis dengan 3 Pendekatan Geografi yaitu
Keruangan, Ekologi dan Kompleks Wilayah. Jelaskan pembagian analisisnya
masing-masing!
7. Tsunami
adalah fenomena alam yang dapat ditinjau dengan 4 Prinsib Geografi yaitu
Persebaran, Interelasi, Deskripsi dan Korologi. Jelaskan pembagian
masing-masing!
8. Pilihlah
contoh fenomena berikut termasuk Konsep Geografi apa!
CONTOH
FENOMENA
1. Kota
pusat industri sedangkan desa pusat pertanian
2. Bangunan
rumah mengikuti alur jalan raya
3. Karena
jembatan putus akibat banjir bantuan terhambat
4. Nelayan
lebih sering pergi ke laut dari pada guru
5. Rumah bagus akan berkurang nilainya bila berdekatan
dengan pemakaman
6. Para pekerja di Jakarta berasal dari Bogor, Tangerang,
Bekasi
7. Harga sembako di Jawa lebih murah daripada di Irian
jaya
8. Pasar Klewer, Beteng, PGS saling berdekatan
9. Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berkembang dalam hal industri
10. Adanya
batuan kapur di Gunung Kidul
|
KONSEP GEOGRAFI:
a.
Lokasi
b. Jarak
c. Keterjangkauan
d. Morfologi
e. Aglomerasi
f. Nilai Kegunaan
g. Pola
h. Diferensiasi Areal
i.
Interaksi/Interpedensi
j.
Keterkaitan Keruangan
|
9. Jelaskan
sebuah fenomena keruangan Geografi dengan analisis 5W1H, dampak lingkungan dan
solusinya!
Kunci
jawaban UKD Hidrosfer:
1.
Kata
geografi berasal dari bahasa Yunani geo artinya bumi dan graphein artinya
tulisan. Secara umum, geografi berarti tulisan tentang bumi. Istilah geografi
pertama kali dikenalkan oleh Eratothenes dengan nama geographica.
2.
1.
Geografi Fisis (physical geography) – mempelajari aspek fisik : batuan,
mineral, relief, cuaca, iklim, air.
2.
Geografi Manusia (human gepgraphy) – mempelajari aspek social : polotik,
ekonomi dan budaya.
3.
Obyek
geografi terdiri atas obyek material dan formal. Obyek material sama dengan
ilmu lainnya yaitu mempelajari semua yang ada di bumi (air, tanah, udara,
batuan dll) yang membedakannya adalah obyek formal atau sudut pandang yang
dipakai untuk mengkaji obyek material tersebut yaitu sudut pandang keruangan,
ekologi dan kompleks wilayah. Jadi
Geografi meneliti segala fenomena di muka bumi (fisik dan non fisik)
menggunakan Sudut Pandang Keruangan yang dipresentasikan dalam bentuk PETA
Contohnya Fenomena Mangrove
Biologi: Jenis dan klasifikasi mangrove
Ekologi: Manfaat mangrove untuk mencegah abrasi
Geografi: Peta persebaran mangrove
4. 1.
“The earth as a planet” (bumi sebagai suatu planet)
2. “Varied ways of living”
(beranekaragam cara hidup)
3. “Varied natural region”
(beranekaragam wilayah alam)
4. “The significance of region to
man” (pentingnya kawasan alam bagi manusia)
5. “The importance of location in
understanding world affairs” (pentingnya lokasi atau letak untuk memahami)
5. 1.
Aliran Determinisme yang mempercayai bahwa alam sangat menentukan kehidupan
manusia, tokohnya Karl Ritther, Friederich dan Elsworth Huntington.
2. Aliran Possibilisme yang
beranggapan bahwa manusia memiliki peluang besar untuk
menentukan pola kehidupanya. Konsep ini dikenal dengan konsep Genre De
Vie
Pedoman
Penilaian. :
a.
Setiap
nomor kalau benar diberi skor 4
Jumlah skor
maksimal 4x 10 = 40
b.
Penilaian
Kinerja.
Lembar Pengamatan diskusi, presentasi, praktikum
Rubrik kegiatan
Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Tole
ransi
|
Keaktif
an
|
Menghar
gai pendapat
teman
|
|||||
Rubrik Penilaian
Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komu
nikasi
|
Sistema
tika penyam paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan penampilan
|
|||||
Rubrik Penilaian Praktikum
No.
|
Nama Siswa
|
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan
hasil
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
|
|||||||
Alat
|
bahan
|
Keakuratan data
|
Kelengkapan data
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
Sistematika
|
Bahasa
|
Ejaan
|
Lampiran
|
|||||
Rubrik Penilaian Laporan
Observasi
No.
|
Nama Siswa
|
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan hasil
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
. Ket
|
|||||||
Latar belakang
|
Rumusan masalah
|
Keakuratan data
|
Kelengkapan data
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
Sistematika
|
Bahasa
|
Ejaan
|
Lampiran
|
|||||
Keterangan Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4
= Baik Sekali
3
= Baik
2
= Cukup
1 = Kurang
∑
Skor perolehan
Nilai = X 4
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 4 : Baik
Sekali
B = 3 : Baik
C = 2
: Cukup
D = 1
: Kurang
Mengetahui, Sukoharjo,24
Juni 2014
Kepala Sekolah Guru
Mapel Geografi
Kristanto, S.Pd.
0 komentar:
Post a Comment