Image Widget

Image Widget

Belajar Geografi SMA

Menyajikan berbagai materi dan perangkat pembelajaran Geografi serta pembahasan latihan soal UN dan Olimpiade. Kami juga melayani pembelian peta Rupa Bumi Indonesia skala 1:25,000 dan pembuatan peta digital untuk mahasiswa S1, S2, instansi maupun umum. Terima kasih (Belajargeografisma@gmail.co.id)

MENGENAL PELAJARAN GEOGARAFI SMA

Wednesday, 26 October 2016

A.  Latar Belakang
Geografi merupakan ilmu yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman  mempengaruhi persepsi manusia  tentang tempat dan wilayah.
Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri. 

B.     Tujuan
Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Memahami pola spasial (keruangan), lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
  2. Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
  3. Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat. 
C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.    Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.    Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya
3.    Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4.    Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya
5.    Kajian wilayah  negara-negara maju dan sedang berkembang
6.    Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi
7.    Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.

D.    Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kelas X Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi.
1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
  Menguraikan konsep geografi
  Menguraikan perkembangan ilmu geografi
  Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
  Mengidentifikasi objek studi geografi
1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
  Menjelaskan metode/pendekatan geografi
  Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
1.3. Menjelaskan Prinsip Geografi
  Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
  Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
  Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
1.4. Mendeskripsikan Aspek Geografi
  Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
  Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
2.1. Mendeskrip-sikan jagat raya dan tata surya
  Mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
  Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
  Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
  Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
  Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
  Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
  Menjelaskan Matahari sebagai Pusat Tata Surya
  Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya
2.2. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
  Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
  Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
  Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
  Menganalisis teori tektonik lempeng

Kelas X Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer.








































































3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
  Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan litosfer
  Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi akibat tenaga endogen
  Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme
  Mengidentifikasikan tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api
  Memaparkan  proses terjadinya gempa bumi
  Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
  Menemutunjukkan bentuk muka bumi akibat tenaga eksogen
  Membedakan jenis-jenis pelapukan, pengikisan, dan pengendapan
  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi lahan
  Menganalisis dampak degradasi lahan bagi kehidupan
  Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
  Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia
  Mengklasifikasi jenis dan ciri tanah di Indonesia
  Menganalisis proses terjadinya erosi tanah
  Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap kehidupan
  Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah kerusakan tanah
3.2. Menganali-sis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
  Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
  Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
  Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
  Menjelaskan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia
  Menunjukkan persebaran iklim di dunia
  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global
3.3. Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
  Menjelaskan siklus hidrologi
  Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat
  Menentukan jenis air tanah
  Mengklasifikasi jenis-jenis danau
  Mendeskripsikan manfaat rawa
  Mengklasifikasi ciri sungai dan jenis pola aliran sungai
  Menganalisis faktor penyebab kerusakan, serta upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai
3.4. Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
  Menjelaskan perbedaan pesisir dan pantai
  Mengklasifikasi jenis-jenis laut
  Mengidentifikasi morfologi laut
  Menjelaskan gerakan air laut
  Mengidentifikasi kualitas air laut di Indonesia
  Membedakan batas laut Indonesia

Kelas XI Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
  Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
  Mengidentifikasi faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
1.2.  Menganalisis sebaran flora dan fauna
  Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
  Menjelaskan persebaran flora dan fauna
  Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia
  Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
  Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan
1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
  Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
  Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
  Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
  Menghitung sex ratio dan dependency ratio
  Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan



1.4. Menganalisis aspek kependudukan
  Menghitung tingkat kelahiran penduduk
  Menghitung tingkat kematian penduduk
  Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
  Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
  Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram
2. Memahami sumber daya alam
2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam
  Merumuskan pengertian sumber daya alam

2.2. Mengidenti-fikasi jenis-jenis sumber daya alam
  Menganalisis potensi sumber daya alam
  Secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan

2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
  Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
  Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
  Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
  Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan lingkungan
  Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
  Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan
  Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan
  Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan

Kelas XI Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
3.1. Mendeskrips-ikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
  Merumuskan pengertian lingkungan hidup
  Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
  Menjelaskan pengertian pembangunan
  Merumuskan konsep pembangunan
  Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
  Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan berkelanjutan 
  Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
  Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan 
3.2. Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
  Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
  Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
  Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

Kelas XII Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mempraktek-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
1.1 Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
  Menunjukkan komponen-komponen peta
   
  Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan membuat peta wilayah pada bidang datar
   
  Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
   

1.2 Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
  Membuat laporan data hasil pengukuran
   
  Merumuskan data hasil pengukuran
   
  Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
   

1.3  Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta
  Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria tertentu
  Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
  Mengidentifikasi factor penyebab gejala aglomerasi industri
  Menganalisis keterikatan sarana transportasi dengan aglomerasi industri
  Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
  Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
  Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
   
2.  Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh dan system informasi geografi (SIG)
2.1  Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan jauh
  Menjelaskan pengertian pengindraan jauh
  Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh
  Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan jauh
  Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan citra pengindraan jauh (missal : kasus tanah longsor di Trenggalek)

2.2 Menjelaskan pemanfaatan system informasi Geografi
  Merumuskan konsep dasar SIG
  Mengidentifikasi komponen-komponen SIG
  Tahapan Kerja SIG
  Melakukan tahapan kerja SIG
  Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi
  Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy
  Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi

Kelas XII Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.  Menganalisis wilayah dan pewilayahan
3.1 Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
  Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan perkembangan desa kota
  Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa
  Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang kota
  Menganalisis model-model teori struktur spasial kota
  Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial desa dan kota
  Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
3.2 Menganalisisa kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
  Merumuskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan kota
  Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional
  Membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
  Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif
  Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
  Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
  Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
  Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
  Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan
  Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kot
  Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan
  Menganalisis pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
  Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan pengaruh social budaya masyarakat
3.3 Menganalisis wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang

  Mengidentifikasi cirri/indicator negara maju dan berkembang
  Memberikan contoh indicator keberhasilan dengan tepat negara maju menurut  UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997
  Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W Rostow
  Memberikan contoh negara-negara berkembang
  Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah negara maju
  Mengemukakan model pengembangan negara berkembang
  Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

E. Arah Pengembangan


Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian


           


0 komentar:

Post a Comment