A. Latar
Belakang
Geografi merupakan ilmu yang sangat penting dalam menunjang kehidupan
manusia. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan
pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat,
tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami
aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan
persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik
dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan
pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan
wilayah.
Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh
dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta
didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam
menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar
mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata
pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran
Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Memahami
pola spasial (keruangan), lingkungan dan kewilayahan serta proses yang
berkaitan
- Menguasai
keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan
dan menerapkan pengetahuan geografi
- Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Konsep dasar,
pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.
Konsep dan
karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer,
pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran
spasialnya
3.
Jenis,
karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan
pemanfaatannya
4.
Karakteristik,
unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan
dan pelestariannya
5.
Kajian
wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang
6.
Konsep wilayah
dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam
analisis geografi
7.
Pengetahuan dan
keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi
Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.
D. Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kelas
X Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1. Memahami konsep, pendekatan,
prinsip, dan aspek geografi.
|
1.1.
Menjelaskan Konsep Geografi
|
Menguraikan konsep geografi
Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
Mengidentifikasi objek studi geografi
|
|
1.2.
Menjelaskan Pendekatan Geografi
|
Menjelaskan metode/pendekatan geografi
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer
|
||
1.3.
Menjelaskan Prinsip Geografi
|
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala
geosfer
|
||
1.4.
Mendeskripsikan Aspek Geografi
|
Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam
kehidupan sehari-hari
|
||
2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
|
2.1.
Mendeskrip-sikan jagat raya dan tata surya
|
Mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan
sifat anggota Jagat Raya
Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya
Tata Surya
Menjelaskan Matahari sebagai Pusat Tata Surya
Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya
|
|
2.2.
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
|
Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
Menganalisis teori tektonik lempeng
|
Kelas
X Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.
Menganalisis unsur-unsur geosfer.
|
3.1.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta
dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan
litosfer
Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi akibat
tenaga endogen
Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat
proses vulkanisme
Mengidentifikasikan tipe letusan dan bahan yang
dikeluarkan gunung api
Memaparkan
proses terjadinya gempa bumi
Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
Menemutunjukkan bentuk muka bumi akibat tenaga
eksogen
Membedakan jenis-jenis pelapukan, pengikisan, dan
pengendapan
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya degradasi lahan
Menganalisis dampak degradasi lahan bagi
kehidupan
Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta
Indonesia
Mengklasifikasi jenis dan ciri tanah di Indonesia
Menganalisis proses terjadinya erosi tanah
Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap
kehidupan
Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah
kerusakan tanah
|
|
3.2.
Menganali-sis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatannya
Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
Menjelaskan informasi tentang persebaran curah
hujan di Indonesia
Menunjukkan persebaran iklim di dunia
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya pemanasan global
|
||
3.3.
Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
Menjelaskan siklus hidrologi
Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat
Menentukan jenis air tanah
Mengklasifikasi jenis-jenis danau
Mendeskripsikan manfaat rawa
Mengklasifikasi ciri sungai dan jenis pola aliran
sungai
Menganalisis faktor penyebab kerusakan, serta
upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai
|
||
3.4.
Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
Menjelaskan perbedaan pesisir dan pantai
Mengklasifikasi jenis-jenis laut
Mengidentifikasi morfologi laut
Menjelaskan gerakan air laut
Mengidentifikasi kualitas air laut di Indonesia
Membedakan batas laut Indonesia
|
Kelas
XI Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1. Menganalisis fenomena biosfer dan
antroposfer
|
1.1.
Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
|
Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna
|
|
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
|
Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di
permukaan bumi
Menjelaskan persebaran flora dan fauna
Menganalisis persebaran flora dan fauna di
Indonesia
Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna
dengan kondisi fisik
Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora
dan fauna terhadap kehidupan
|
||
1.3. Menjelaskan pengertian
fenomena antroposfer
|
Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur
dan jenis kelamin
Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari
RT
Mengelompokkan data kependudukan (4 RT),
berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
Menghitung sex ratio dan dependency ratio
Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas
penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan
|
||
1.4. Menganalisis aspek
kependudukan
|
Menghitung tingkat kelahiran penduduk
Menghitung tingkat kematian penduduk
Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
Menyajikan informasi kependudukan melalui peta,
tabel, grafik atau diagram
|
||
2. Memahami sumber daya alam
|
2.1.
Menjelaskan pengertian sumber daya alam
|
Merumuskan pengertian sumber daya alam
|
|
2.2.
Mengidenti-fikasi jenis-jenis sumber daya alam
|
Menganalisis potensi sumber daya alam
Secara kelompok, mendiskusikan tentang
pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
|
||
2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber
daya alam secara arif
|
Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam
berdasarkan prinsip ekoefisiensi
Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam
berdasarkan prinsip ekoefisiensi
Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan
lingkungan
Merumuskan konsep pembangunan berwawasan
lingkungan
Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan
berwawasan lingkungan
Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber
daya alam berwawasan lingkungan
|
Kelas
XI Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3. Menganalisis pemanfaatan dan
pelestarian lingkungan hidup
|
3.1.
Mendeskrips-ikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan
pembangunan berkelanjutan
|
Merumuskan pengertian lingkungan hidup
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
Menjelaskan pengertian pembangunan
Merumuskan konsep pembangunan
Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
Memberi contoh tindakan-tindakan yang
mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan
berkelanjutan
Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
|
3.2. Menganalisis pelestarian
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
Memberi contoh tindakan-tindakan yang
mencerminkan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan
|
Kelas
XII Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
Mempraktek-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
|
1.1 Mendeskripsik-an
prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
|
Menunjukkan komponen-komponen peta
Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan
membuat peta wilayah pada bidang datar
Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang
datar
|
|
1.2 Mempraktekkan ketrampilan
dasar peta dan pemetaan
|
Membuat laporan data hasil pengukuran
Merumuskan data hasil pengukuran
Membuat peta hasil pengukuran langsung di
lapangan
|
||
1.3 Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian
dengan pemanfaatan peta
|
Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria
tertentu
Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku,
pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
Mengidentifikasi factor penyebab gejala
aglomerasi industri
Menganalisis keterikatan sarana transportasi
dengan aglomerasi industri
Mengidentifikasi
manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis
lokasi pertanian
Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta
dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
|
||
2. Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh
dan system informasi geografi (SIG)
|
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan
jauh
|
Menjelaskan pengertian pengindraan jauh
Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh
Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan
jauh
Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan
citra pengindraan jauh (missal : kasus tanah longsor di Trenggalek)
|
|
2.2 Menjelaskan pemanfaatan system
informasi Geografi
|
Merumuskan konsep dasar SIG
Mengidentifikasi komponen-komponen SIG
Tahapan
Kerja SIG
Melakukan tahapan kerja SIG
Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi
Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha
warnet/foto copy
Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam
kajian geografi
|
Kelas
XII Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
|
3.1 Menganalisis pola persebaran,
spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
|
Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan
perkembangan desa kota
Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa
Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang kota
Menganalisis model-model teori struktur spasial
kota
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya interaksi spasial desa dan kota
Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
|
|
3.2 Menganalisisa kaitan antara
konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
|
Merumuskan pengertian konsep wilayah dan
pewilayahan kota
Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang
termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional
Membedakan generalisasi wilayah (region
generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif
Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash
effect
Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu
wilayah
Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan
Mengidentifikasi
karakteristik pertumbuhan sebuah kot
Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral
dan teori kutub pertumbuhan
Menganalisis pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap
perkembangan ekonomi dan pengaruh social budaya masyarakat
|
||
3.3 Menganalisis
wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang
|
Mengidentifikasi cirri/indicator negara maju dan
berkembang
Memberikan contoh indicator keberhasilan dengan
tepat negara maju menurut UNRISD
(United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997
Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan
negara menurut W.W Rostow
Memberikan contoh negara-negara berkembang
Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah
negara maju
Mengemukakan model pengembangan negara berkembang
Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan
wilayah Indonesia
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian
0 komentar:
Post a Comment