A. Latar
Belakang
Geografi merupakan ilmu yang sangat penting dalam menunjang kehidupan
manusia. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan
pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat,
tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami
aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan
persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik
dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan
pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan
wilayah.
Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh
dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta
didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam
menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar
mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata
pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran
Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Memahami
pola spasial (keruangan), lingkungan dan kewilayahan serta proses yang
berkaitan
- Menguasai
keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan
dan menerapkan pengetahuan geografi
- Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Konsep dasar,
pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.
Konsep dan
karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer,
pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran
spasialnya
3.
Jenis,
karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan
pemanfaatannya
4.
Karakteristik,
unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan
dan pelestariannya
5.
Kajian
wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang
6.
Konsep wilayah
dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam
analisis geografi
7.
Pengetahuan dan
keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi
Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.
D. Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kelas
X Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1. Memahami konsep, pendekatan,
prinsip, dan aspek geografi.
|
1.1.
Menjelaskan Konsep Geografi
|
“ Menguraikan konsep geografi
“ Menguraikan perkembangan ilmu geografi
“ Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
“ Mengidentifikasi objek studi geografi
|
|
1.2.
Menjelaskan Pendekatan Geografi
|
“ Menjelaskan metode/pendekatan geografi
“ Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer
|
||
1.3.
Menjelaskan Prinsip Geografi
|
“ Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
“ Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
“ Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala
geosfer
|
||
1.4.
Mendeskripsikan Aspek Geografi
|
“ Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
“ Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam
kehidupan sehari-hari
|
||
2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
|
2.1.
Mendeskrip-sikan jagat raya dan tata surya
|
“ Mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
“ Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
“ Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
“ Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan
sifat anggota Jagat Raya
“ Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
“ Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya
Tata Surya
“ Menjelaskan Matahari sebagai Pusat Tata Surya
“ Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya
|
|
2.2.
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
|
“ Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
“ Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
“ Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
“ Menganalisis teori tektonik lempeng
|
Kelas
X Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.
Menganalisis unsur-unsur geosfer.
|
3.1.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta
dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
“ Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan
litosfer
“ Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi akibat
tenaga endogen
“ Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat
proses vulkanisme
“ Mengidentifikasikan tipe letusan dan bahan yang
dikeluarkan gunung api
“ Memaparkan
proses terjadinya gempa bumi
“ Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
“ Menemutunjukkan bentuk muka bumi akibat tenaga
eksogen
“ Membedakan jenis-jenis pelapukan, pengikisan, dan
pengendapan
“ Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya degradasi lahan
“ Menganalisis dampak degradasi lahan bagi
kehidupan
“ Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
“ Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta
Indonesia
“ Mengklasifikasi jenis dan ciri tanah di Indonesia
“ Menganalisis proses terjadinya erosi tanah
“ Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap
kehidupan
“ Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah
kerusakan tanah
|
|
3.2.
Menganali-sis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
“ Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatannya
“ Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
“ Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
“ Menjelaskan informasi tentang persebaran curah
hujan di Indonesia
“ Menunjukkan persebaran iklim di dunia
“ Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
terjadinya pemanasan global
|
||
3.3.
Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
“ Menjelaskan siklus hidrologi
“ Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat
“ Menentukan jenis air tanah
“ Mengklasifikasi jenis-jenis danau
“ Mendeskripsikan manfaat rawa
“ Mengklasifikasi ciri sungai dan jenis pola aliran
sungai
“ Menganalisis faktor penyebab kerusakan, serta
upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai
|
||
3.4.
Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
“ Menjelaskan perbedaan pesisir dan pantai
“ Mengklasifikasi jenis-jenis laut
“ Mengidentifikasi morfologi laut
“ Menjelaskan gerakan air laut
“ Mengidentifikasi kualitas air laut di Indonesia
“ Membedakan batas laut Indonesia
|
Kelas
XI Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1. Menganalisis fenomena biosfer dan
antroposfer
|
1.1.
Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
|
“ Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
“ Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna
|
|
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
|
“ Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di
permukaan bumi
“ Menjelaskan persebaran flora dan fauna
“ Menganalisis persebaran flora dan fauna di
Indonesia
“ Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna
dengan kondisi fisik
“ Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora
dan fauna terhadap kehidupan
|
||
1.3. Menjelaskan pengertian
fenomena antroposfer
|
“ Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur
dan jenis kelamin
“ Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari
RT
“ Mengelompokkan data kependudukan (4 RT),
berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
“ Menghitung sex ratio dan dependency ratio
“ Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas
penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan
|
||
1.4. Menganalisis aspek
kependudukan
|
“ Menghitung tingkat kelahiran penduduk
“ Menghitung tingkat kematian penduduk
“ Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi
“ Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
“ Menyajikan informasi kependudukan melalui peta,
tabel, grafik atau diagram
|
||
2. Memahami sumber daya alam
|
2.1.
Menjelaskan pengertian sumber daya alam
|
“ Merumuskan pengertian sumber daya alam
|
|
2.2.
Mengidenti-fikasi jenis-jenis sumber daya alam
|
“ Menganalisis potensi sumber daya alam
“ Secara kelompok, mendiskusikan tentang
pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
|
||
2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber
daya alam secara arif
|
“ Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
“ Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam
berdasarkan prinsip ekoefisiensi
“ Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam
berdasarkan prinsip ekoefisiensi
“ Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan
lingkungan
“ Merumuskan konsep pembangunan berwawasan
lingkungan
“ Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan
berwawasan lingkungan
“ Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam
berwawasan lingkungan
“ Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber
daya alam berwawasan lingkungan
|
Kelas
XI Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3. Menganalisis pemanfaatan dan
pelestarian lingkungan hidup
|
3.1.
Mendeskrips-ikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan
pembangunan berkelanjutan
|
“ Merumuskan pengertian lingkungan hidup
“ Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
“ Menjelaskan pengertian pembangunan
“ Merumuskan konsep pembangunan
“ Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
“ Memberi contoh tindakan-tindakan yang
mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan
berkelanjutan
“ Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
“ Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
|
3.2. Menganalisis pelestarian
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
“ Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup
“ Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
“ Memberi contoh tindakan-tindakan yang
mencerminkan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan
|
Kelas
XII Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
Mempraktek-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
|
1.1 Mendeskripsik-an
prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
|
“ Menunjukkan komponen-komponen peta
“
“ Mengidentifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan
membuat peta wilayah pada bidang datar
“
“ Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang
datar
“
|
|
1.2 Mempraktekkan ketrampilan
dasar peta dan pemetaan
|
“ Membuat laporan data hasil pengukuran
“
“ Merumuskan data hasil pengukuran
“
“ Membuat peta hasil pengukuran langsung di
lapangan
“
|
||
1.3 Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian
dengan pemanfaatan peta
|
“ Mengklasifikasikan industri berdasarkan criteria
tertentu
“ Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku,
pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi peraturan dan lingkungan
“ Mengidentifikasi factor penyebab gejala
aglomerasi industri
“ Menganalisis keterikatan sarana transportasi
dengan aglomerasi industri
“
Mengidentifikasi
manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
“ Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis
lokasi pertanian
“ Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta
dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
“
|
||
2. Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh
dan system informasi geografi (SIG)
|
2.1 Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan
jauh
|
“ Menjelaskan pengertian pengindraan jauh
“ Membedakan unsur-unsur citra pengindraan jauh
“ Mengidentifikasi pemanfaatan citra pengindraan
jauh
“ Membuat laporan (kliping) tentang pemanfaatan
citra pengindraan jauh (missal : kasus tanah longsor di Trenggalek)
|
|
2.2 Menjelaskan pemanfaatan system
informasi Geografi
|
“ Merumuskan konsep dasar SIG
“ Mengidentifikasi komponen-komponen SIG
“
Tahapan
Kerja SIG
“ Melakukan tahapan kerja SIG
“ Memberi contoh mengoverlaykan peta transparansi
“ Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha
warnet/foto copy
“ Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam
kajian geografi
|
Kelas
XII Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
|
3.1 Menganalisis pola persebaran,
spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
|
“ Mengidentifikasi potensi desa kaitannya dengan
perkembangan desa kota
“ Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang desa
“ Mengidentifikasi cirri-ciri struktur ruang kota
“ Menganalisis model-model teori struktur spasial
kota
“ Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya interaksi spasial desa dan kota
“ Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
|
|
3.2 Menganalisisa kaitan antara
konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
|
“ Merumuskan pengertian konsep wilayah dan
pewilayahan kota
“ Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang
termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional
“ Membedakan generalisasi wilayah (region
generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
“ Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif
“ Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
“ Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
“ Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash
effect
“ Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu
wilayah
“ Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan
“
Mengidentifikasi
karakteristik pertumbuhan sebuah kot
“ Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral
dan teori kutub pertumbuhan
“ Menganalisis pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
“ Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap
perkembangan ekonomi dan pengaruh social budaya masyarakat
|
||
3.3 Menganalisis
wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang
|
“ Mengidentifikasi cirri/indicator negara maju dan
berkembang
“ Memberikan contoh indicator keberhasilan dengan
tepat negara maju menurut UNRISD
(United Nations Research Institute For Social Development) Tahun 1997
“ Mengidentifikasi tentang tahapan-tahapan perkembangan
negara menurut W.W Rostow
“ Memberikan contoh negara-negara berkembang
“ Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah
negara maju
“ Mengemukakan model pengembangan negara berkembang
“ Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan
wilayah Indonesia
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian
0 komentar:
Post a Comment